Tim Pemadam Kebakaran Kesulitan Padamkan Api di Gunung Arjuno

Api berada di titik yang sulit dijangkau

Batu, IDN Times - Kebakaran masih terjadi di kawasan puncak Gunung Arjuno. Kebarakan tersebut terpantau kembali terjadi pada Selasa pagi. Padahal, sebelumnya api sempat dinyatakan oleh tim gabungan BPBD Kota Batu yang melakukan proses pemadaman. Namun, hingga kini api masih belum bisa dipadamkan. 

1. Titik api sulit dijangkau

Tim Pemadam Kebakaran Kesulitan Padamkan Api di Gunung ArjunoDok.IDN Times/Istimewa

Salah satu penyebab api masih belum bisa dipadamkan adalah lokasi yang sulit dijangkau. Pasalnya saat ini tim yang diturunkan hanya 12 orang berdasarkan kemampuan dalam keahlian dalam pemadaman di medan pegunungan. Sehingga hal itu cukup menghambat proses pemadaman. 

"Titik api berada di kemiringan 60° lebih. Ini menyulitkan petugas yang berusaha untuk memadamkan api," beber Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim. 

2. Waktu tempuh lama

Tim Pemadam Kebakaran Kesulitan Padamkan Api di Gunung ArjunoDok/ BPBD Kota Batu

Belum lagi waktu tempuh yang diperlukan oleh tim pemadam untuk mendekati titik api cukup lama. Setidaknya tim pemadam kebakaran memerlukan waktu sekitar 4-5 jam. Tentu hal ini memerlukan fisik yang prima dari tim gabungan pemadam kebakaran. 

"Titik area api sangat jauh dan memerlukan waktu cukup lama. Ini menyulitkan tim pemadam kebakaran," tambahnya. 

3. Fisik tim gabungan terkuras

Tim Pemadam Kebakaran Kesulitan Padamkan Api di Gunung ArjunoDok/ BPBD Kota Batu

Di sisi lain, sulitnya posisi titik api untuk dijangkau membuat fisik dari tim pemadam juga terkuras. Tentunya tim pemadam juga perlu memperhatikan keselamatan diri. Sembari terus mengusahakan pemadaman api. 

"Titik api yang bisa diakses cukup terbatas. Sehingga tim juga perlu memperhatikan keselamatan sambil mencari jalur teraman untuk mencapai titik api," sambungnya. 

Baca Juga: Sekitar 40 Ha Lahan Gunung Arjuno Terbakar, Jalur Pendakian Ditutup

4. Kebakaran sudah meluas

Tim Pemadam Kebakaran Kesulitan Padamkan Api di Gunung ArjunoDok.IDN Times/Istimewa

Kebakaran sendiri saat ini terus meluas. Data terakhir yang dikeluarkan oleh BPBD kota Batu, kebakatan di hutan Gunung Arjuno sudah mencapai 40 hektare. Tentunya diperlukan perhitungan cermat untuk bisa memadamkan kebakaran. 

"Luasan area yang terbakar sudah mencapai 40 hektare," tandasnya. 

Baca Juga: Sempat Dinyatakan Padam, Puncak Gunung Arjuno Terbakar Lagi 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya