Seksi 4 Tol Mapan Siap Beroperasi Fungsional Saat Lebaran 

Progres seksi 4 tol Mapan sudah 87 persen

Malang, IDN Times - Mobilisasi arus mudik 2019 tampaknya akan lebih lancar ketimbang tahun sebelumnya. Salah satu faktor yang dianggap sangat berpengaruh adalah pengoperasian ruas tol Pandaan-Malang sepanjang 30,63 km. Ruas tol tersebut dinilai akan sangat membantu memperlancar proses arus mudik dan arus balik.

Apalagi jalur utama Malang Surabaya dan sebaliknya sudah tak mampu menampung volune kendaraan. Terutama untuk beberapa titik seperti Lawang dan Singosari yang kerap terjadi kepadatan. Untuk itu, adanya ruas tol Pandaan Malang akan sedikit mengurangi kepadatan pada jalur utama Malang Surabaya dan sekitarnya.

1. Seksi 4 tol Mapan siap beroperasi fungsional

Seksi 4 Tol Mapan Siap Beroperasi Fungsional Saat Lebaran IDN Times/ Alfi Ramadana

Selain beroperasinya tol Pandaan Malang, pihak Bina Marga berencana mengoperasikan seksi 4 dari tol Pandaan-Malang. Namun, untuk seksi 4 ini nanti status pengoperasianya masih berstatus fungsional selama arus mudik dan balik Lebaran 2019. 

"Progresnya memang masih 87 persen. Namun, sudah bisa dibuka fungsional selama arus mudik dan balik. Hanya saja untuk exit gerbang Pakis masih belum terlalu luas. Jadi mungkin nantinya diatur," ucap Dirjen Bina Marga, Sugiyartanto.

 

2. Underpass Karanglo untuk pecah arus

Seksi 4 Tol Mapan Siap Beroperasi Fungsional Saat Lebaran IDN Times/ Alfi Ramadana

Lebih lanjut, Sugiyartanto menjelaskan keberadaan underpass Karanglo juga akan sangat berperan untuk memecah volume kendaraan. Terutama untuk kendaraan dari arah Surabaya dan sebaliknya. Sehingga tidak terlalu terjadi penumpukan karena sudah bisa melalui underpass

"Proses pengerjaan underpass terus dilakukan. Nantinya ini akan menjadi pemecah arus dari arah Surabaya menuju Malang dan sebaliknya. Termasuk juga untuk kendaraan dari arah Singosari yang akan menuju ke Batu," imbuhnya. 

3. Didukung sistem drainase mumpuni

Seksi 4 Tol Mapan Siap Beroperasi Fungsional Saat Lebaran IDN Times/ Alfi Ramadana

Di sisi lain, untuk sistem drainase di underpass Karanglo dipastikan tak bermasalah saat hujan. Pasalnya underpass tersebut didukung oleh sistem drainase yang mumpuni dengan terpasangnya dua pipa HDPE berukuran 60 cm yang akan mengalirkan air menuju Sungai Bodo. Belum lagi adanya pompa submersible yang bisa membantu mengalirkan air saat terjadi genangan.

"Pembangunan underpass Karanglo ini merupakan bagian dari pengerjaan sesi 3 proyek tol Pandaan Malang," jelasnya. 

4. Penunjang sektor pariwisata

Seksi 4 Tol Mapan Siap Beroperasi Fungsional Saat Lebaran IDN Times/ Alfi Ramadana

Selain itu, Sugiyartanto menambahkan bahwa tol Mapan diharapkan bisa menjadi penunjang sektor pariwisata. Pasalnya sepanjang jalur yang dilalui ruas tol terdapat sejumlah lokasi wisata. Beberapa di antaranya adalah Taman Safari Prigen,  Kebun Teh Wonosari, Candi Singosari dan beberapa kawasan wisata lain. 

"Tol Pandaan Malang juga akan meningkatan akses kawasan ekonomi Singosari. Termasuk juga untuk perkembangan bandara Abdul Rachman Saleh," tandasnya. 

Baca Juga: Pemkab Siap Lestarikan Situs yang Ditemukan di Tol  Malang-Pandaan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya