Pemkot Batu Siapkan Dana Besar untuk Tangani COVID-19  

Anggarkan hingga Rp102 miliar

Batu, IDN Times - Anggaran besar disiapkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Batu dalam upaya memerangi virus Corona. Setidaknya sekitar Rp 102 miliar disiapkan pemkot untuk keseluruhan penanganan serta penanggulangan wabah virus corona. Anggaran tersebut didapat dari pengalihan proyek bukan prioritas dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Batu.

1. Terdapat peningkatan anggaran untuk penanggulangan sosial

Pemkot Batu Siapkan Dana Besar untuk Tangani COVID-19  pexels.com/Alexander Mils

Peningkatan nominal anggaran dipakai untuk penanganan sosial. Sebelumnya, Pemkot Batu menyiapkan anggaran Rp 45 miliar. Namun, lantaran banyaknya masyarakat yang terdampak, maka anggaran tersebut ditambah hingga kini secara total Rp 60 miliar.

Lalu untuk penanganan kesehatan dan operasional BPBD disipakan Rp 40,14 miliar. Sedangkan keamanan serta Satgas COVID-19 disiapkna Rp 1,92 miliar. Anggaran terbesar adalah untuk bantuan kepada warga terdampak. 

"Bantuan itu tidak dalam bentuk sembako tapi dalam bentuk uang yang penyalurannya dilakukan nontunai. Saat ini sedang dilakukan verifikasi dan validasi data oleh pemerintah desa/kelurahan. Kami  juga mengimbau bagi masyarakat terdampak yang belum terdaftar untuk bisa menghubungi pemerintah desa/kelurahan melalui RT/RW," ucap Juru Bicara Satgas COVID-19 Kota Batu M Chori, Jumat (10/4).

2. Nominal bantuan lebih besar

Pemkot Batu Siapkan Dana Besar untuk Tangani COVID-19  Ilustrasi anggaran (IDN Times/Arief Rahmat

Penambahan anggaran tersebut juga beriringan dengan peningkatan nominal bantuan. Sebelumnya Pemkot Batu menyiapkan bantuan tunai sebesar Rp500 ribu untuk para warga yang terdampak wabah corona. M Chori memperkirakan bantuan untuk setiap kepala keluarga bisa mencapai Rp700 ribu lebih per bulan. 

"Proses pembagian atau penyalurannya akan dilakukan setiap desa/kelurahan yang paling siap datanya," tambah M Chori.

Baca Juga: Masih Terkendali, Pemkot Batu Belum Ajukan PSBB 

3. Sudah salurkan bantuan lain untuk lansia dan difabel

Pemkot Batu Siapkan Dana Besar untuk Tangani COVID-19  Bantuan sembako di tengah wabah covid-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Selain bantuan tersebut, Pemkot Batu juga sudah menyalurkan bantuan untuk lansia sekitar 1051 orang dengan nominal Rp500 ribu per bulan. Bantuan itu akan disalurkan selama tiga bulan.

Lalu juga ada insentif untuk penyandang cacat sebanyak 134 orang dengan nominal Rp500 ribu per bulan. Ada pula insentif untuk para veteran sebanyak 162 orang dengan besaran Rp1 juta per bulan selama tiga bulan 

"Juga ada pembagian beras bagi warga kurang mampu dari Dinas Ketahanan pangan akan dibagikan hari Selasa untuk 2.655 KK (kepala keluarga)," sambungnya. 

4. Pesan 5.000 rapid test

Pemkot Batu Siapkan Dana Besar untuk Tangani COVID-19  Peralatan rapid test corona yang disiapkan oleh Pemprov Jawa Timur. IDN Times/Fitria Madia

Selain bantuan untuk masyarakat terdampak, Pemkot Batu juga menyiapkan kelengkapan fasilitas untuk melawan virus corona. Saat ini, Pemkot Batu sudah memesan 5.000 alat rapid test. Alat tersebut nantinya bakal digunakan untuk mengecek orang-orang yang diduga terpapar COVID-19. Meskipun baru satu kasus positif yang muncul, namun Pemkot Batu tak mau kecolongan. 

"Kami sudah pesan rapid test kurang lebih 5.000.  Saat ini memang belum datang. Kami masih akan terus koordinasikan dengan Dinas Kesehatan," tandasnya. 

Baca Juga: Satu PDP di Kota Batu Meninggal Dunia 

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya