Nilai BNN Bekerja Sendiri, HC-Gunadi Siapkan Program Berantas Narkoba 

Siapkan program pasca rehabilitasi bagi korban narkoba

Malang, IDN Times - Pasangan calon bupati dan wakil bupati Malang nomor urut tiga, Heri Cahyono - Gunadi Handoko memberikan kritik terhadap penanganan narkoba yang selama ini sudah dilakukan. Paslon dari jalur independen itu menilai bahwa selama ini penanggulangan narkoba masih belum maksimal. Bahkan, Heri Cahyono menilai bahwa selama ini Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Malang seolah bekerja sendirian. 

1. Efektifkan perangkat di garis depan

Nilai BNN Bekerja Sendiri, HC-Gunadi Siapkan Program Berantas Narkoba Heri Cahyono saat bertemu dengan warga Kabupaten Malang. Instagram/malangjejeg

Heri pun mengaku telah menyiapkan program untuk mengefektifkan perangkat di garis depan. Ia akan memaksimalkan perangkat pencegahan yang ada di masyarakat. "Kami akan lakukan komunikasi-komunikasi dengan pihak-pihak terkait guna memaksimalkan pencegahan dan penanggulangan," katanya saat dalam Debat Pilkada Kabupaten Malang, Selasa (1/12/2020). 

2. Korban narkoba orang yang sama

Nilai BNN Bekerja Sendiri, HC-Gunadi Siapkan Program Berantas Narkoba Heri Cahyono saat safari kampanye bertemu dengan pedagang. Instagram/malangjejeg

Pria yang akrab disapa Sam HC ini menambahkan bahwa berdasarkan data yang ia miliki, selama ini mereka yang terlibat kasus penggunaan narkoba kebanyakan adalah orang yang sama. Setelah tertangkap, dilakukan rehabilitasi lalu setelah sembuh terkena lagi. Hal ini terjadi dikarenakan pasca rehabilitasi tak ada program berkelanjutan yang bisa membantu mantan pecandu narkoba. 

"Ini dapat diartikan bahwa program preventif dan kuratif yang dilakukan belum efektif," tambahnya. 

Baca Juga: 10 Hari Jelang Pilkada, Dua Timses Pilwali Pasuruan Klaim Menang

3. Siapkan program pasca rehabilitasi

Nilai BNN Bekerja Sendiri, HC-Gunadi Siapkan Program Berantas Narkoba Calon wakil bupati Malang nomor urut 3, Gunadi Handoko bertemu dengan masyarakat dalam safari kampanyenya. Instagram/malangjejeg

Guna mengatasi permasalahan tersebut, Heri menyiapkan program pasca rehabilitasi bagi para mantan pecandu narkoba. Program tersebut disiapkan untuk memastikan bahwa para pecandu narkoba itu tak terjebak dalam dunia yang sama lagi ketika sudah berhasil keluar dari narkoba. 

"Kami sudah siapkan rencana untuk program pasca rehabilitasinya," jelasnya. 

4. Kaum muda rentan terkena narkoba

Nilai BNN Bekerja Sendiri, HC-Gunadi Siapkan Program Berantas Narkoba Heri Cahyono saat bertemu dengan warga Kabupaten Malang. Instagram/malangjejeg

Heri juga tak memungkiri bahwa kaum muda memang rentan terkena narkoba. Pasalnya, kebanyakan anak-anak muda memang belum bisa berfikir panjang dalam setiap tindakan yang dilakukan. Terlebih saat ini peredaran narkoba juga lebih banyak menyasar anak-anak muda. 

"Memaksimalkan perangkat di garis depan ini merupakan hal yang penting untuk mengatasi pola-pola preventif dan kuratif yang tidak efektif dalam pencegahan peredaran dan penanggulangan narkoba," pungkasnya. 

Baca Juga: Humas Setda Malang: Wali Kota Sutiaji Dalam Kondisi Sehat 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya