Lonjakan Penumpang, KAI Malang Operasikan Tiga Kereta Tambahan 

Prediksi lonjakan penumpang pada H-4 lebaran

Malang, IDN Times - Arus mudik di Stasiun Kota Baru, Malang masih dalam kondisi normal memasuki H-7 lebaran 1440 Hijriyah. Sejauh ini untuk keberangkatan dan kedatangan di Stasiun Kota Baru masih terpantau normal. Pada hari biasa kisaran penumpang yang tiba di Stasiun kota Baru, Malang mencapai 4000 orang per hari. 

1. Lonjakan diprediksi H-4

Lonjakan Penumpang, KAI Malang Operasikan Tiga Kereta Tambahan IDN Times/ Alfi Ramadana

Pihak Stasiun Kota Baru memprediksi lonjakan penumpang baru akan terjadi pada H-4 lebaran atau akhir pekan ini. Hal itu berdasarkan prediksi bahwa anak-anak sekolah sudah memasuki masa liburan. Sehingga hal tersebut banyak dimanfaatkan untuk mudik ke kampung halaman. 

"Prediksi kami akhir pekan ini lonjakan penumpang bisa mencapai dua kali lipat lebih atau sekitar 8000 untuk kedatangan. Kalau keberangkatan sebelum lebaran ini memang tak terlalu banyak ke arah Jakarta maupun Bandung. Asusmsinya peningkatan tersebut bebarengan dengab libur sekolah," ucap Kepala Stasiun Kota Baru, Malang, Radne Anyarso Tulad, Selasa (28/5). 

2. Tiket arus balik sudah ludes

Lonjakan Penumpang, KAI Malang Operasikan Tiga Kereta Tambahan IDN Times/ Alfi Ramadana

Lebih lanjut, Radne menjelaskan bahwa sejauh ini untuk tiket arus balik usai lebaran hingga H+7 sudah ludes terjual. Pasalnya saat ini Kereta Api merupakan salah satu moda transportasi favorit. Apalagi belakangan pelayanan yang diberikan oleh KAI semakin baik. 

"Tiket arus balik baru tersedia sekitar tanggal 16 Juni. Sebelum tanggal itu sudah habis terjual," tambahnya. 

3. Sediakan fasilitas kesehatan dan posko lebaran

Lonjakan Penumpang, KAI Malang Operasikan Tiga Kereta Tambahan IDN Times/ Alfi Ramadana

Untuk meningkatkan kenyamanan selama arus mudik dan balik, pihak Stasiun Kota Baru, Malang juga menyiapkan beberapa fasilitas tambahan selama arus mudik dan balik. Salah satunya adalah menyiagakan tim kesehatan untuk bisa stand by selama arus mudik dan balik. 

"Mulai 26 Mei kemarin kami siapkan tenaga bantuan luar yaitu tiga perawat kesehatan serta satu dokter yang siap on call 24 jam. Untuk keamanan juga kami mendapat bantuan dari Pomal, Polsek dan koramil. Termasuk juga menyiagakan 6 orang costumer service mobile. Nantinya mereka akan menyisir kepada penumpang agar jangan sampai ada yang salah kereta," tambahan. 

Baca Juga: 5 Kampung Tematik Nan Unik ini Cuma Ada di Malang Raya Lho!

4. Sediakan 3 kereta tambahan

Lonjakan Penumpang, KAI Malang Operasikan Tiga Kereta Tambahan IDN Times/ Alfi Ramadana

Selain itu, untuk meningkatkan pelayanan selama arus mudik dan balik, KAI Daops 8 mengoperasikan tiga kereta tambahan. Kereta tambahan tersebut diharapkan bisa mengurai kepadatan serta meningkatkan pelayanan bagi para penumpang. 

"Tiga kereta tambahan yang disiapkan adalah Kereta Matarmaja Ekonomi Malang - Pasar Senen, kereta Gajayana eksekutif Malang - Gambir, dan kereta ekonomi Malang - Surabaya," jelasnya. 

5. Lonjakan penumpang meningkat 4 persen dari tahun lalu

Lonjakan Penumpang, KAI Malang Operasikan Tiga Kereta Tambahan IDN Times/ Alfi Ramadana

Radne mengakui bahwa lonjakan penumpang pada saat mudik dan balik tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya. Peningkatan tersebut mencapai 4 persen. Untuk itu, perlu adanya perimbangan pelayanan untuk kenyamanan para penumpang saat hendak melakukan perjalanan. 

"Peningkatan penumpang ini cukup signifikan dibanding tahun lalu," tandasnya. 

Baca Juga: Jelang Lebaran, Pemkot Malang Gelar Pasar Murah 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya