Kebakaran Hutan Gunung Arjuno Semakin Meluas 

Kebakaran gunung Arjuno diperkirakan mencapai 300 ha

Batu, IDN Times - Kebakaran yang melanda kawasan hutan gunung Arjuno terus meluas. Setelah sempat dinyatakan padam beberapa waktu lalu, kebakaran terus membakar lahan di kawasan tersebut. Bahkan saat ini kebakaran diperkirakan sudah mencapai 300 hektare. Sejauh ini proses pemadaman masih terus dilakukan. Namun, berdasarkan informasi dari petugas di lapangan sudah tidak ada titik api. 

1. Bara api masih menyala

Kebakaran Hutan Gunung Arjuno Semakin Meluas Dok.IDN Times/Istimewa

Saat ini, tim gabungan masih mendeteksi adanya bara api yang masih menyala. Kondisi tersebut tentu saja memungkinkan kembali terjadinya kebakaran lagi. Namun, pantauan masih terus dilakukan.  

"Saat ini pantauan masih terus dilakukan oleh tim di Taman Hutan Raya (Tahura) R Soerjo," beber Kasi Kedaruratan dan Logistik Kota Batu, Achmad Choirur Rochim. 

2. Angin kencang di sekitar lokasi titik api

Kebakaran Hutan Gunung Arjuno Semakin Meluas Dok.IDN Times/Istimewa

Meskipun sudah tidak ditemukan titik api, angin  masih terjadi di kawasan titik api. Sehingga api masih mungkin kembali menyala. Belum lagi karena kencangnya angin berpotensi memunculkan titik api baru. "Kondisi terkini masih terus dipantau untuk mengantisipasi munculnya titik api baru," imbuhnya. 

3. Tim gabungan sudah turun

Kebakaran Hutan Gunung Arjuno Semakin Meluas Dok.IDN Times/Istimewa

Sementara itu, tim gabungan yang sebelumnya menyisir beberapa titik api sudah kembali turun ke pos Tahura. Saat ini petugas masih terus berupaya berkoordinasi untuk bisa mencari alternatif cara pemadaman api yang efektif. 

"Saat ini terpantau cuaca di kawasan lokasi kebakaran cerah," paparnya. 

Baca Juga: Kebakaran Gunung Panderman dan Arjuno Diduga Kelalaian Manusia

4. Petugas masih terus memantau

Kebakaran Hutan Gunung Arjuno Semakin Meluas Dok.IDN Times/Istimewa

Untuk memastikan bahw api tak kembali muncul, saat ini tim gabungan pemadam masih terus melakukan pemantauan. Sebab, potensi kebakaran lagi masih terbuka. Untuk itu, pantauan intensif terus dilakukan melalui pos Tahura. 

"Untuk update lebih jauhnya akan kami sampaikan lagi secara bertahap," tandasnya. 

Baca Juga: Kebakaran Arjuno Tak Kunjung Padam, BPBD Akan Gunakan Waterboombing 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya