BPBD Pastikan Kebakaran Gunung Arjuno Sudah Padam 

Survey tim di lapangan tak temukan titik api yang menyala

Batu, IDN Times - Kebakaran yang terjadi di hutan Gunung Arjuno sudah padam. Hal itu disampaikan oleh BPBD Kota Batu usai tim gabungan melakukan penyisiran di lapangan usai pemadaman menggunakan waterbombing. Saat ini, tim gabungan yang melakukan penyisiran juga sudah kembali ke pos pemantauan di Taman Hutan Rakyat (Tahura). 

1. Bara api tersisa sudah padam

BPBD Pastikan Kebakaran Gunung Arjuno Sudah Padam Dok.BNPB

Saat tim gabungan melakukan penyisiran di lereng gunung Arjuno memang ditemukan beberapa sisa bara api. Namun, tim bisa melakukan pemadaman secara manual. Meskipun ada satu titik api yang tidak bisa dipadamkan secara manual oleh petugas. 

"Empat titik target api bisa dipadamkan secara manual oleh petugas. Ada satu titik yang sulit dipadamkan manual, maka akan dipadamkan melalui jalur udara," ucap Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim., Selasa (6/8).

2. Tim ditarik kembali ke pos

BPBD Pastikan Kebakaran Gunung Arjuno Sudah Padam Dok.BNPB

Satu titik bara apu tersisa sudah berhasil dipadamkan. Sehingga kini sudah tak ditemukan lagi titik api yang tampak. Untuk itu, seluruh petugas yang melakukan penyisiran dari jalur darat sudah kembali ke pos. 

"Sore ini akan dilakukan evaluasi pelaksanaan operasi pemadaman kebakaran," katanya. 

3. Suhu dingin di lereng Arjuno

BPBD Pastikan Kebakaran Gunung Arjuno Sudah Padam Dok.IDN Times/Istimewa

Saat ini, suhu di lereng Gunung Arjuno mencapai 14° celcius. Suhu dingin tersebut juga berperan dalam membantu proses pemadaman. Suhu dingin itu mampu memeprlambat api untuk menjalar bahkan membuat api juga padam.

"Suhu yang dingin juga sangat membantu pendinginan di area bekas kebakaran yang dimungkinkan juga masih tersisa bara api," sambungnya. 

Baca Juga: Kebakaran Gunung Arjuno Meluas, 7 Titik Api Jadi Target Water Bombing

4. Proses pemadaman dihentikan

BPBD Pastikan Kebakaran Gunung Arjuno Sudah Padam Dok.IDN Times/Istimewa

Usai dipastikan padam, seluruh proses pemadaman api baik melalui jalur udara dan darat dihentikan sementara. Sembari munggu hasil evaluasi dari tim gabungan. Selain itu juga, pemantauan masih terus dilakukan untuk benar-benar memastikan bahwa sudah tak ada titik api di gunung Arjuno. 

Baca Juga: Gunung Arjuno Padam, Giliran Welirang Kebakaran

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya