Gunung Arjuno Padam, Giliran Welirang Kebakaran

Pemadaman melalui helokopter terkendala cuaca

Surabaya, IDN Times - Upaya pemadaman api di sejumlah titik kebakaran hutan di Jawa Timur (Jatim) mengalami kendala. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur menyebut faktornya ialah kabut tebal dan angin kencang kerap sejak, Minggu (4/8).

 

1. Kebakaran Gunung Arjuno menjalar ke Welirang

Gunung Arjuno Padam, Giliran Welirang KebakaranDok.BNPB

 

Kepala Pelaksana BPDB Jatim, Suban Wahyudiono kebakaran hutan masih terjadi di kawasan sekitar Gunung Arjuno, kemarin (4/8) pagi. Pada operasi pemadaman pertama, melakukan penanganan kebakaran di wilayah pegunungan Welirang, Kabupaten Mojokerto. Lokasi kebakaran berdekatan dengan puncak Gunung Arjuno. BPBD mengidentifikasi dan memetakan enam titik api.

"Kemudian, pembasahan di lokasi tujuh titik api di puncak Gunung Arjuno di wilayah Kota Batu telah dipadamkan sebelumnya," ujar Suban, Senin (5/8).

2. Pemadaman melalui helokopter terkendala cuaca

Gunung Arjuno Padam, Giliran Welirang KebakaranDok.BNPB

 

Kondisi cuaca, lanjut Suban, menyebabkan helikopter sempat tidak dapat melakukan pemadaman di wilayah Gunung Welirang karena titik api tertutup kabut tebal. Kemudian, helikopter kembali ke lokasi Gunung Welirang setelah kabut tebal terpantau sudah bergeser.

Penyiraman di Gunung Welirang dilakukan sebanyak 3 kali. Operasi pemadaman dihentikan pukul 15.00 WIB sesuai rekomendasi dari otoritas penerbangan.

"Penyiraman dengan metode water-bombing masih perlu dilakukan karena kepulan asap dan bara api masih terpantau di sebagian wilayah Gunung Arjuno dan Gunung Welirang," kata Suban.

3. Gunung Arjuno masih dilakukan pendinginan, operasi digelar lagi Selasa (6/8)

Gunung Arjuno Padam, Giliran Welirang KebakaranDok.BNPB

 

Di samping itu, pendinginan atau mopping up dilakukan untuk memastikan api padam di wilayah Gunung Arjuno. Sebelumnya teridentifikasi tujuh titik api di wilayah tersebut dan wilayah terbakar ini telah mendapatkan pemadaman sebanyak satu kali.

"Operasi pemadaman akan kembali digelar pada Selasa (6/8), mengingat kru helikopter harus beristirahat setelah menjalani tujuh hari aktifitas penerbangan, tambah Suban.

Baca Juga: Kebakaran Gunung Arjuno Meluas, 7 Titik Api Jadi Target Water Bombing

4. Selain itu Gunung Panderman dilakukan pendinginan juga

Gunung Arjuno Padam, Giliran Welirang KebakaranIDN Times/ Alfi Ramadana

 

Sementara itu, kebakaran di sejumlah gunung Jatim ini mendapat perhatian dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Pihaknya juga mendapat laporan kalau Gunung Panderman, Kota Batu yang sempat kebakaran juga masih terus dilakukan pendinginan.

"Pendinginan juga dilakukan di wilayah pegunungan Panderman Kota Batu yang dipetakan terdapat 1 titik api. Pemadaman di wilayah ini dilakukan dengan helikopter yang diterbangkan pada hari yang sama, pukul 09.00 WIB," kata Plh Kepala Pusat Data dan Humas BNPB, Agus Wibowo.

Baca Juga: Pemadaman Dengan Metode Waterbombing Sudah dilakukan di Lereng Arjuno 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya