Aktivitas Bromo Level II, Sektor Pariwisata Masih Buka 

Wisatawan tak boleh mendekat hingga radius 1 Km

Malang, IDN Times - Aktivitas Gunung Bromo dalam beberapa hari terakhir mengalami peningkatan. Peningkatan aktifitas tersebut pun cukup mengganggu aktifitas, baik warga maupun wisatawan. Meski begitu, pihak pengelola Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) masih tetap membuka wisata ke gunung Bromo. 

1. Wisata masih dibuka

Aktivitas Bromo Level II, Sektor Pariwisata Masih Buka Gunung Bromo meletus/BNPB

Saat ini status Gunung Bromo bersatus waspada level II. Meskipun dalam status waspada, pibak TNBTS masih membuka jalur wisata ke Bromo. Meskipun, untuk saat ini wisatawan tak bisa mendekat ke area kawan gunung Bromo. Sebab, aktifitas kegempaan serta magma di sekitaran kawah cukup tinggi. 

"Saat ini belum dilakukan penutupan. Wisatawan masih diperbolehkan masuk kawasan Bromo sampai radius 1 Km sesuai arahan dari PVMBG," beber Syarif, Humas TNBTS, Sabtu (20/7).

2. Wisatawan masih banyak yang datang

Aktivitas Bromo Level II, Sektor Pariwisata Masih Buka Gunung Bromo meletus/BNPB

Meskipun dalam tak bisa mendekato kawah Gunung Bromo tak membuat wisatawan sepi. Syarif menjelaskan bahwa saat ini masih cukup banyak wisatawan yang mengunjungi Gunung Bromo. Apalagi beberapa waktu lalu, warga Suku Tengger baru saja menggelar ritual Kasada. Hal itu tampaknya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. 

"Wisatawan masih banyak dan bahkan antusias datang ke Bromo," imbuhnya. 

Baca Juga: Upacara Yadnya Kasada dan Eksotika Bromo Ciptakan Daya Tarik Wisatawan

3. Wisatawan diminta patuhi imbauan

Aktivitas Bromo Level II, Sektor Pariwisata Masih Buka Gunung Bromo meletus/BNPB

Lebih jauh, Syarif menjelaskan bahwa meskipun wisata Bromo masih dibuka, para wisatawan tetap diminta tertib. Pasalnya saat ini aktifitas Gunung Bromo tengah meningkat. Sehingga wisatawan diminta untuk tidak melakukan hal-hal yang membahayakan. 

"Para pengunjung harus tetap waspada. Ikuti aturan dan arahan yang sudah disampaikan oleh petugas," sambungnya. 

4. Siagakan petugas

Aktivitas Bromo Level II, Sektor Pariwisata Masih Buka instagram.com/pengky_pt

Tak hanya itu saja, pihak TNBTS juga menyiagakan petugas untuk memberikan informasi kepada para pengunjung. Namun, Syarif tetap meminta kepada pengunjung untuk tetap waspada dan berhati-hati. Serta tidak melakukan hal yang bisa membahayakan diri sendiri. 

"Kami masih terus berkoordinasi dengan PVMBG di Ngadisari dan Cemorolawang untuk memperoleh data perkembangan Gunung Bromo," tandasnya. 

Baca Juga: Gunung Bromo Erupsi, Masyarakat Sempat Panik

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya