Viral Perempuan Minta Maaf pada Keluarga Sam Nawi, Penjual Dawet?   

Padahal gak ada penjual dawet di sana

Malang, IDN Times - Publik Malang dihebohkan dengan kemunculan sebuah video yang diunggah oleh akun Twitter @AremaniaCulture. Dalam unggahan tersebut dinyatakan bahwa wanita dalam video tersebut berinisial SF yang diduga sebagai sosok penjual dawet yang beberapa waktu lalu sempat viral pasca tragedi Kanjuruhan. Wanita tersebut menyampaikan permohonan maaf kepada salah satu keluarga korban, yakni Iwan Junaedi atau yang lebih dikenal dengan Sam Nawi Curva Nord. 

1. Akui tak ada maksud menjelekkan siapapun

Viral Perempuan Minta Maaf pada Keluarga Sam Nawi, Penjual Dawet?   Kondisi pintu 13 Stadion Kanjuruhan pasca insiden kericuhan 1 Oktober lalu. IDN Times/Alfi Ramadana

Dalam video itu, sang wanita menyampaikan permohonan maaf atas apa yang sudah ia lakukan. Menurutnya, ia tidak memiliki maksud apapun atas beredarnya rekaman tersebut. 

"Saya tidak ada niat apapun untuk menjelekkan nama almarhum. Saya lillahitaala memohon dengan sangat tolong maafkan saya. Saya juga tidak ada maksud untuk menjelekkan siapapun di sini," ucap perempuan tersebut. 

2. Klaim apa yang dilakukannya bukan settingan

Viral Perempuan Minta Maaf pada Keluarga Sam Nawi, Penjual Dawet?   Kondisi terkini salah satu pintu keluar Stadion Kanjuruhan. IDN Times/Alfi Ramadana

Ia juga menyatakan bahwa tidak ada settingan apapun atas peristiwa yang terjadi. Ia kemudian bersimpuh memegang tangan istri Sam Nawi Curva Nord sambil menangis menyampaikan berulang kali menyatakan permohonan maaf. 

"Saya juga bukan suruhan siapa-siapa," imbuhnya. 

Tak hanya itu saja, wanita itu terus saja menangis dan kemudian coba ditenangkan oleh istri Sam Nawi. Ia juga terus mengulang ucapan permohonan maaf kepada istri almarhum sambil sesekali menyesali apa yang sudah ia lakukan. "Demi Allah saya tidak ada niat buruk. Saya menyesal," pungkasnya. 

Hingga saat ini belum ada konfirmasi tentang siapa sosok perempuan tersebut. IDN Times sudah mencoba mengonfirmasi pada akun pengunggah video itu namun belum ada respons. Sebaliknya, beberapa warganet yang berkomentar melampirkan foto seorang perempuan yang diduga sebagai sosok perempuan tersebut. Dalam keterangan foto itu disebutkan bahwa perempuan itu merupakan salah satu politikus dari PSI.

Baca Juga: Bagus Jadi Korban Kanjuruhan, Kaki Patah Belum Terima Santunan

3. Heboh ada penjual dawet di Kanjuruhan

Viral Perempuan Minta Maaf pada Keluarga Sam Nawi, Penjual Dawet?   Kondisi pintu 13 Stadion Kanjuruhan pasca insiden kericuhan 1 Oktober lalu. IDN Times/Alfi Ramadana

Seperti diketahui, beredar rekaman audio penjual dawet yang memberi kesaksian tragedi Kanjuruhan pada Sabtu (1/10/2022). Dalam rekaman itu, sang penjual melihat sejumlah orang berjubel di stadion menghindari gas air mata. Sejumlah suporter juga disebutnya saling tendang. 

"Pintu tiga sebelah kiri warung saya itu ada anak kecil terjepit, ditolong polisi, pak Arif namanya, Polisi Batu. Ditolong, dibawa," ujar penjual dawet itu.

Bahkan, penjual dawet itu mengatakan bahwa ada suporter tersebut anarkis yang memukili polisi. Ia ia juga mengaku melihat suporter tersebut sedang mabuk bernama Nawi. Sebaliknya, ia mengaku sempat menyelamatkan polisi bernama Arfi.

"Pak Arif ini saya selamatkan di toko saya. Malah dawetku iki kate dekeprukne yo aku, mas iki dawet yo ojo yo ojo, terus di dele (Malah dawet milikku mau dipukulkan, terus saya bilang jangan). Terus Pak Arif ini membasuh muka anak kecil," ujarnya. Selain minuman keras, ia juga melihat banyak suporter mengonsumsi narkoba. 

Pantauan IDN Times di pintu 3 stadion Kanjuruhan membantah semua klaim dari perempuan itu. Di sana sama sekali tak ada penjual dawet. Yang ada hanya toko mebel dan warkop.  

"Saya gak pernah lihat (ada penjual dawet), warkop semua di sini," kata Febri (20) yang merupakan karyawan toko mebel di samping Gate 3. Bahkan, pedagang kaki lima di sekitar Gate 3 juga tak ada yang berjualan dawet. "Kalau pertandingan itu banyak yang jualan (kaki lima) paling pentol, baby crab," ungkap Febri.

Baca Juga: Penjual Dawet, Tragedi Hillsborough, dan Upaya Menyudutkan Suporter

Alfi Ramadana Photo Community Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya