Sebuah Rumah di Pujon Terbakar, Seorang Penghuni Tewas   

Penghuni merupakan penderitaan ODGJ 

Malang, IDN Times - Sebuah rumah yang ditinggali Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Desa Ngabab, Kecamatan Pujon, Malang ludes terbakar, Selasa (27/9/2022). Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 08.30 WIB. Rumah yang diketahui milik seseorang bernama Suwoto dan ditinggali oleh Nukiyan (65). Nukiyan sendiri akhirnya tewas akibat kejadian tersebut.

Baca Juga: 11 Tempat Wisata Pujon Malang, Nikmati Keindahan Alam yang Memesona

1. Kebakaran karena kompor menyala

Sebuah Rumah di Pujon Terbakar, Seorang Penghuni Tewas   Ilustrasi Kebakaran. (IDN Times/Aditya Pratama)

Sekretaris Desa Ngabab, Raga Canigia Renaldi membenarkan adanya kebakaran yang membuat satu warganya meninggal dunia. Saat itu, Nukiyan tengah ditinggal di dalam rumah sendiri, karena sang pemilik rumah bersama penghuni lainnya tengah beraktivitas di ladang.

"Korban lalu menyalakan tungku kompor dan ditinggal tidur. Karena api tak terkontrol, akhirnya membesar dan menyambar tumpukan kayu bakar dan merambat ke bagian rumah," ucap Raga Canigia, saat dikonfirmasi pada Selasa siang (27/9/2022).

2. Tak sempat evakuasi korban

Sebuah Rumah di Pujon Terbakar, Seorang Penghuni Tewas   Kebakaran yang terjadi di Pujon. Dok/istimewa

Lantaran kobaran api terus membesar, warga tak sempat melakukan evakuasi kepada Nukiyan. Seluruh bagian rumah hangur terbakar dan tak sempat diselamatkan. Untuk mempercepat pemadaman, tiga unit mobil pemadam kebakaran diturunkan.

"Kerugian kami perkirakan sekitar Rp60 juta. Seluruh isi rumah terbakar termasuk satu korban yang pada saat kejadian sedang tertidur," imbuhnya. 

3. Api baru padam setelah satu jam

Sebuah Rumah di Pujon Terbakar, Seorang Penghuni Tewas   Kebakaran menghanguskan sebuah rumah di Pujon. Dok/istimewa

Sementara itu, Kabid pencegahan dan penanggulangan kebakaran Satpol PP Kabupaten Malang, Goly Karyanto menambahkan bahwa pmendapat laporan sekitar pukul 08.45 WIB. Setelah itu, tiga unit mobil pemadam langsung dikerahkan untuk memadamkan api. Setelah berjibaku selama satu jam, baru api berhasil dikuasai. 

"Apu baru bisa dipadamkan sekitar pukul 10.00 WIB. Seluruh harta benda yang ada di dalam rumah ludes terbakar," pungkasnya. 

Baca Juga: Tunjungan Plaza Kebakaran Lagi, Diduga karena Korsleting Exhaust

Alfi Ramadana Photo Community Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya