Hutan 20 Hektare Kawasan Wisata Alam Kawah Wurung Kebakaran 

Dibakar atau terbakar masih dalam penyelidikan

Bondowoso, IDN Times – Kebakaran terjadi di objek wisata Kawah Wurung yang berada di kawasan pegunungan Ijen, Bondowoso, Jawa Timur. Kebakaran tersebut diperkirakan telah menghanguskan sekitar 20 hektare area setempat. Kebakaran terjadi sejak Rabu (30/8/2023) sekitar pukul 18:30 WIB.

1. Api menyebar begitu cepat

Hutan 20 Hektare Kawasan Wisata Alam Kawah Wurung Kebakaran Ilustrasi Penanganan Kebakaran oleh Pemadam Kebakaran. (IDN Times/Persiana Galih)

Kalaksa BPBD Bondowoso, Mahfud Djunaidi membenarkan peristiwa tersebut. Menurutnya, proses pemadaman api tersebut tidak dapat dilakukan mudah mengingat kondisi lingkungannya yang tidak mudah dilewati. Angin kencang juga membuat api menyebar dengan cepat.

“Petugas Perhutani mendapatkan laporan bahwa terdapat titik api di wilayah Kawah Wurung, akses ke lokasinya juga sulit, sedangkan titik yang terbakar di lahan di blok Gunung Roti,” kata Mahfud Djunaidi dalam keterangannya, dikutip pada Jumat (1/9/2023).

Baca Juga: Diduga karena Putung Rokok, Area Jemplang Gunung Bromo Kebakaran

2. Api sudah padam

Hutan 20 Hektare Kawasan Wisata Alam Kawah Wurung Kebakaran ilustrasi kebakaran hutan (pexels.com/Vladyslav Dukhin)

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Bondowoso, AKBP Bimo Ariyanto mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan upaya untuk membantu memadamkan api. Selain itu, upaya pemadaman juga dilakukan oleh stakeholder lainnya yang terdiri dari TNI/Polri, TRC BPBD, Satpol PP dan sejumlah relawan kebencanaan lainnya. Hingga berita ini ditulis, Bimo menyebut api sudah berhasil dipadamkan. 

"Alhamdulilah sudah berhasil dipadamkan. Pemadaman dilakukan bersama dengan banyak pihak," kata AKBP Bimo Ariyanto.

3. Kuat dugaan karena ulah manusia

Hutan 20 Hektare Kawasan Wisata Alam Kawah Wurung Kebakaran Ilustrasi Penanganan Kebakaran oleh Pemadam Kebakaran. (IDN Times/Persiana Galih)

Wakil Administrator Perhutani KPH Bondowoso, Eny Handayani mengungkapkan jika kebakaran tersebut terjadi di wilayah yang sebagian besar ditumbuhi semak dan ilalang. Menurut data yang diterima IDN Times, kebakaran merembet hingga menghanguskan sekitar 20 hektare lahan setempat.

Adapun rinciannya meliputi petak 91D seluas 18,5 hektare, petak 92 C 0,5 hektaer, serta petak 90 A seluas 1 hektare. Untuk penyebab pasti kebakaran, pihaknya masih melakukan upaya penyelidikan lebih lanjut. Dugaan sementara, ia menyebut kebakaran merupakan ulah dari manusia. Namun dia belum memastikan, apakah itu dari bentuk kelalaian atau sengaja dibakar.

"Petak 91D, 92C dan blok Kawah Wurung petak 90A. Dugaan sementara karena ulah manusia. Mungkin orang yang sedang berburu, sekedar iseng atau ada maksud lain," katanya.

Baca Juga: Adu Banteng Bus Eka Vs Sugeng Rahayu di Geneng Ngawi, 3 Orang Tewas

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya