Cerita Wisatawan yang Hilang di Alas Purwo Banyuwangi

Tersesat seperti dalam labirin hutan

Banyuwangi, IDN Times - Empat orang wisatawan yang dilaporkan hilang tersesat saat berwisata di Alas Purwo Banyuwangi, Jawa Timur, sudah ditemukan. Keempatnya berhasil dievakuasi dengan selamat oleh Tim SAR gabungan. Salah seorang korban menceritakan sedikit pengalamannya saat tersesat di hutan yang konon paling tua di pulau jawa itu.

1. Rombongan bermalam di hutan

Cerita Wisatawan yang Hilang di Alas Purwo BanyuwangiTim SAR menemukan 4 wisatawan yang hilang di Alas Purwo. (FOTO: Basarnas Banyuwangi)

Adapun data dari masing-masing korban yakni Yogi Agung Pribadi warga Sidoarjo, Ega Putra Gusti Aryo warga Mojokerto, Dedi Arganudin warga Sidoarjo dan Junaidi Abdullah yang merupakan warga lokal Banyuwangi. Mereka datang bersama rombongan lainnya. Total ada 16 orang dalam rombongan tersebut. Para korban diketahui melakukan kunjungan ke Alas Purwo pada Sabtu 29 Juli lalu.

Seluruh rombongan tersebut hendak menuju Goa Padepokan di Alas Purwo untuk melakukan ritual doa. Goa ini merupakan salah satu dari puluhan goa yang ada. Rombongan sempat bermalam di goa tersebut. Lalu pada esok harinya, tepat pada siang bolong, empat orang tersebut berniat keluar untuk mencari sumber mata air.

"Iya benar siang. Waktu itu saya dan tiga orang mencari air siang hari pokoknya," kata Dedi Arganudin, Selasa (1/8/2023).

Sejak rombongan memasuki kawasan Alas Purwo, Dedi menyebut ada sebuah perasaan aneh yang menghampirinya. Namun, Ia tak tahu bagaimana menggambarkan perasaan tersebut. Keanehan semakin terasa ketika berada di dalam goa.

"Pokoknya aneh saja gitu," jelasnya.

Baca Juga: 4 Wisatawan yang Hilang di Alas Purwo Ditemukan

2. Seperti terjebak di dalam labirin

Cerita Wisatawan yang Hilang di Alas Purwo BanyuwangiPixabay

Singkat cerita, Dedi dan tiga orang lainnya meninggalkan goa untuk mencari stok air. Di sepanjang kelompok kecil itu berjalan, tidak dijumpai sumber mata air yang dicari. Bahkan sudah berulangkali mereka mengubah arah untuk mencoba mencari sumber air tersebut. Namun seluruh upaya mereka gagal. Padahal, ini bukan pengalaman pertama Dedi mencari air di Alas Purwo.

Sebelum tersesat, Dedi mengaku menjumpai sebuah persimpangan di tengah hutan. Persimpangan ini selalu ia jumpai setiap hendak mengubah arah tujuan. Bahkan hingga tiga kali ia menjumpai hal tersebut. Seolah-olah Dedi dan kelompok kecilnya itu hanya berputar-putar di lokasi persimpangan.

"Berapa ya, tiga kali mungkin. Ke sana ketemu itu (persimpangan), ke sini juga ketemu hal yang sama. Muter-muter saja terus begitu," jelasnya.

Baca Juga: 5 Misteri Sosok Gayatri, Penunggu Alas Purwo Banyuwangi

3. Beruntung ada yang bawa HP

Cerita Wisatawan yang Hilang di Alas Purwo BanyuwangiPesona alam Alas Purwo di Kabupaten Banyuwangi. (IDN Times/Ayu Afria)

Sadar akan tersesat, kelompok empat orang tersebut selanjutnya memutuskan untuk berhenti. Mereka khawatir jika terus berjalan akan tersesat semakin ke dalam hutan. Beruntungnya, salah satu orang di kelompok tersebut ada yang mengantongi ponsel. Selanjutnya orang tersebut berupaya mencari pertolongan di luar dan menunggu.

Selama proses menunggu itu, sebetulnya ada hal-hal aneh yang terjadi. Namun Dedi enggan bercerita terkait hal tersebut. Namun yang jelas, keempat orang itu harus bertahan tanpa ada pasokan makanan atau minuman apapun. Hingga dilaporkan hilang sekitar pukul 13:00 WIB, mereka akhirnya berhasil dievakuasi dalam kondisi lemas sekitar pukul 22:15 WIB.

Sementara menurut laporan, Koordinator Basarnas Banyuwangi Wahyu Setya Budi mengatakan, proses pencarian terhadap empat wisatawan dilakukan setelah pihaknya mendapatkan laporan pada pukul 16:00 WIB, Minggu (30/7/2023). Pencarian dilakukan sejak pukul 19:30 WIB setelah sebelumnya mendirikan posko darurat.

"Setelah tim melakukan asesmen terhadap medan dan melakukan pemetaan, tim berangkat ke titik lokasi terakhir yang berjarak sekitar 3 kilometer dari Pancur Alas Purwo," kata Wahyu.

Karena kondisi hutan Alas Purwo, menyebabkan keempat wisatawan tersebut kesasar dan tidak tahu kemana arah untuk kembali. Wahyu menyatakan dengan ditemukannya para korban tersebut, operasi pencarian dinyatakan selesai dan ditutup.

"Semuanya dalam kondisi selamat. Korban langsung dievakuasi dan sudah bertemu dengan pihak keluarganya," jelasnya.

Baca Juga: 4 Wisatawan Alas Purwo Banyuwangi Dilaporkan Hilang

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya