4 Wisatawan yang Hilang di Alas Purwo Ditemukan

Alas Purwo memang sering membuat orang kesasar

Banyuwangi, IDN Times - Empat orang wisatawan yang dilaporkan hilang saat berwisata di Alas Purwo Banyuwangi, Jawa Timur, ditemukan. Keempat wisatawan tersebut berhasil ditemukan dalam kondisi selamat oleh Tim SAR gabungan.

1. Tim SAR langsung bertindak setelah mendapatkan laporan

4 Wisatawan yang Hilang di Alas Purwo DitemukanTim SAR gabungan pencarian korban hilang di Alas Purwo. (FOTO: Basarnas Banyuwangi)

Dalam laporannya, Koordinator Basarnas Banyuwangi Wahyu Setya Budi mengatakan, proses pencarian terhadap empat wisatawan dilakukan setelah pihaknya mendapatkan laporan pada pukul 16:00 WIB, Minggu (30/7/2023). Pencarian dilakukan sejak pukul 19:30 WIB setelah sebelumnya mendirikan posko darurat.

"Setelah tim melakukan asesmen terhadap medan dan melakukan pemetaan, tim berangkat ke titik lokasi terakhir yang berjarak sekitar 3 kilometer dari Pancur Alas Purwo," kata Wahyu.

Baca Juga: 4 Wisatawan Alas Purwo Banyuwangi Dilaporkan Hilang

2. Korban kesasar

4 Wisatawan yang Hilang di Alas Purwo DitemukanTim SAR menemukan 4 wisatawan yang hilang di Alas Purwo. (FOTO: Basarnas Banyuwangi)

Setelah melakukan penyisiran untuk beberapa jam, sekitar pukul 22:15 WIB tim SAR gabungan berhasil menemukan 4 korban dengan kondisi selamat di titik koordinat 8°39'50.2"S 114°22'45.1"E. Menurut Wahyu, lokasi ditemukannya para korban berjarak kurang lebih sekitar 200 meter dari titik mereka hilang.

Karena kondisi hutan Alas Purwo, menyebabkan keempat wisatawan tersebut kesasar dan tidak tahu kemana arah untuk kembali. Wahyu menyatakan dengan ditemukannya para korban tersebut, operasi pencarian dinyatakan selesai dan ditutup.

"Semuanya dalam kondisi selamat. Korban langsung dievakuasi dan sudah bertemu dengan pihak keluarganya,' jelasnya.

Baca Juga: 5 Misteri Sosok Gayatri, Penunggu Alas Purwo Banyuwangi

3. Ke Alas Purwo untuk ritual doa

4 Wisatawan yang Hilang di Alas Purwo DitemukanIlustrasi hutan. (pinterest.com/ hipcamp)

Wahyu merinci, adapun data dari masing-masing korban yakni Yogi Agung Pribadi warga Sidoarjo, Ega Putra Gusti Aryo warga Mojokerto, Dedi Arganudin warga Sidoarjo dan junaidi Abdullah yang merupakan warga lokal Banyuwangi. Para korban diketahui melakukan kunjungan ke Alas Purwo bersama sejumlah rombongan.

Diberitakan sebelumnya, para korban mengunjungi Alas Purwo bersama sejumlah rombongan pada Sabtu 29 Juli 2023. Rombongan tersebut bermaksud menggelar doa di salah satu goa yang ada di Alas Purwo. Sementara para korban memisahkan diri dari rombongan dengan maksud mencari air. Namun hingga berjam-jam, mereka tak kunjung kembali.

Agung Sedana Photo Community Writer Agung Sedana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya