Warga Mandi 2 Gayung Gegara Krisis Air di Bondowoso

Warga terpaksa puasa mandi, meski hanya dibasuh saja

Bondowoso, IDN Times – Sejumlah warga di Desa Purnama, Kecamatan Tegalampel, Bondowoso, Jawa Timur, kesulitan mendapatkan air bersih saat musim kemarau. Bahkan mereka juga ada yang mengaku terpaksa mandi sehari sekali hanya dengan dua gayung air saja.

1. Dua gayung air untuk satu hari

Warga Mandi 2 Gayung Gegara Krisis Air di BondowosoPendistribusian air bersih di Bondowoso. (BPBD Bondowoso)

Kisah ini dituturkan oleh Rosida (47), warga Desa Purnama, yang mengaku kesulitan mendapatkan air bersih karena sumber mata air di desanya mulai mengering. Ia mengatakan jika untuk membersihkan badannya, ia hanya bisa menggunakan air sebanyak dua gayung saja.

Air dari gayung pertama digunakannya untuk membasahi tubuh terlebih dahulu. Itupun dilakukan dengan cara merendam handuk kemudian diusapkan ke seluruh tubuh. Barulah kemudian digosok dengan sabun. Selanjutnya dia menggunakan air dari gayung kedua untuk membilas dengan cara serupa. 

"Untuk mandi saya cuma bisa dua gayung saja, ya dicukup-cukupkan meskipun sebenarnya kurang," kata Rosida, Selasa (15/8/2023).

Baca Juga: Hewan Ternak di Bondowoso Kena Diare Akibat Krisis Air Bersih

2. Mandi cuma siang hari

Warga Mandi 2 Gayung Gegara Krisis Air di BondowosoPendistribusian air bersih di Bondowoso. (BPBD Bondowoso)

Untuk waktunya sendiri, Rosida mengaku jika memilih siang hari. Hemat air ini terpaksa ia lakukan karena kondisi kekeringan yang terjadi saat ini. Apabila tidak mandi, ia takut terkena penyakit gatal-gatal. 

"Jadi pas siang mandi. Itu sudah termasuk mandi pagi dan mandi sore. Baru besok siangnya mandi lagi," paparnya.

3. Distribusi air segera merata

Warga Mandi 2 Gayung Gegara Krisis Air di BondowosoPendistribusian air bersih di Bondowoso. (BPBD Bondowoso)

Sementara itu, Kapolres Bondowoso AKBP Bimo Ariyanto yang membantu pendistribusian bantuan air bersih mengatakan jika bantuan air bersih sementara dia pusatkan di satu titik di wilayah yang paling terdampak. Namun demikian, pihaknya akan terus berusaha melakukan penyisiran ke lokasi-lokasi lain yang juga membutuhkan bantuan air bersih.

"Nanti berkelanjutan berkelanjutan akan kita susur titik-titik yang lain, jadi yang kita harapkan di sini masyarakat supaya tidak terjadi lagi kekeringan ataupun bisa mendapatkan air bersih," ungkap Bimo Ariyanto.

Baca Juga: Krisis Air Bondowoso, Jalan 10 Km, Antre, Hanya Dapat 2 Ember Air

Agung Sedana Photo Community Writer Agung Sedana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya