Gagal Mesin, Pesawat Latih di Banyuwangi Mendarat Darurat di Pantai

Terjadi kondisi abnormal saat pesawat mengudara

Banyuwangi, IDN Times - Sebuah pesawat latih terbang milik Akademi Penerbangan Indonesia (API) di Banyuwangi, Jawa Timur, mengalami gagal mesin dan mendarat darurat di pesisir selatan Alas Purwo. 

Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Deddy Foury Millewa membernarkan adanya insiden pesawat mendarat darurat tersebut. Tepatnya mendarat di wilayah pantai Ngagelan, Alas Purwo. "Iya benar. Jam 12 siang tadi ada kabar dari Akademi Penerbangan Indonesia (API) dari mas Denny, mengabarkan adanya pendaratan darurat," kata Kapolresta, Senin (5/9/2022).

1. Dipiloti taruna akademi penerbangan, semua selamat tanpa cidera fatal 

Gagal Mesin, Pesawat Latih di Banyuwangi Mendarat Darurat di PantaiTNI Polri dan relawan lakukan evakuasi. Dokumentasi Polresta Banyuwangi

Deddy menyebut, di dalam pesawat latih terbang tersebut ada dua orang taruna Akademi Penerbangan Indonesia. Salah satu di antaranya adalah pilot utama dari pesawat tersebut.

Beruntung, dari insiden tersebut keduanya berhasil selamat tanpa mengalami cidera yang fatal. Polsek Tegaldlimo pun telah melakukan pertolongan pertama terhadap kedua taruna ini. "Ada dua pemuda yang merupakan taruna penerbangan. Semuanya dalam kondisi selamat," ungkap Kapolresta.

2. Terjadi situasi abnormal di udara, mesin pesawat bermasalah 

Gagal Mesin, Pesawat Latih di Banyuwangi Mendarat Darurat di Pantaidokumentasi Polisi

Berdasarkan informasi sementara, Deddy mengatakan bahwa alasan pilot mendaratkan pesawat karena adanya kondisi abnormal selama penerbangan. Saat berada di udara, kata dia, pesawat tiba-tiba saja mengalami masalah di bagian mesin utama. Sehingga pilot terpaksa mengambil langkah prosedur pendaratan darurat demi keselamatan.

"Akibat adanya trouble engine yang ada di pesawat latih," jelasnya.

Baca Juga: ASN Banyuwangi Doa Bersama untuk Korban Pesawat Jatuh

3. Pesawat didorong dari bibir pantai menuju daratan 

Gagal Mesin, Pesawat Latih di Banyuwangi Mendarat Darurat di PantaiPolisi TNI dibantu relawan mendorong pesawat dari bibir pantai menuju daratan. Dokumentasi Polresta Banyuwangi

Pesawat latih penerbangan tersebut diduga pertama kali mendarat dan berhenti di bibir pantai Ngagelan Alas Purwo. Berdasarkan video yang diterima IDN Times, lokasi pendaratan tepat di tepi pantai.

Setelah itu, petugas kepolisian dan TNI yang melakukan evakuasi memindahkan pesawat tersebut ke daratan. Proses evakuasi ini dibantu oleh sejumlah petugas dari Dinas Perhubungan dan relawan kebencanaan.

Sedangkan untuk proses evakuasi pesawat menuju kampus Akademi Penerbangan Indonesia (API), polisi akan bekerjasama dengan Kodim dan Lanal. Sejumlah skenario pun telah dibahas bersama. "Masih kita susun bersama Kodim dan juga Lanal dan juga pihak-pihak terkait lainnya. Intinya evakuasi keselamatan sudah berjalan lancar dan semua selamat," ujarnya.

Diketahui, pesawat latih terbang yang gagal mesin tersebut adalah jenis pesawat Cessna 172 SP. Tipe ini adalah jenis pesawat yang digunakan oleh sekolah pilot di Indonesia untuk latihan. 

"Ya ini pesawat milik Akademi Penerbang Indonesia (API). Mendarat darurat ya bukan jatuh. Kalau jenis pesawat adalah pesawat latih, Cessna 172 SP," kata Deddy.

Baca Juga: Cerita Pembeli BBM Campur Air di Banyuwangi, Mobil Masuk Bengkel

Agung Sedana Photo Community Writer Agung Sedana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya