Nenek 75 Tahun di Situbondo Tewas Terbakar di Kebunnya

Korban terkepung api di tengah lahan miliknya

Situbondo, IDN Times – MYN seorang nenek berusia 75 tahun asal Desa Tamansari, Kecamatan Sumbermalang, Situbondo, Jawa Timur, ditemukan tewas terbakar. Pertama kali ditemukan, MYN dalam posisi sujud dengan kondisi tubuh sepenuhnya gosong di kebun miliknya.

1. Mencoba memadamkan api seorang diri

Nenek 75 Tahun di Situbondo Tewas Terbakar di KebunnyaIlustrasi Kebakaran (IDN Times/Mardya Shakti)

Nahas tersebut bermula saat suami korban mendapatkan kabar bahwa ladang miliknya terbakar sekitar pukul 09.00 WIB pada Senin (14/8/2023) lalu. Sekitar pukul 12.00 WIB suami korban langsung bergegas menuju ladang miliknya untuk mencoba memadamkan api. Tak disangka, istrinya MYN juga mendatangi lahan tersebut dengan tujuan serupa. Namun nahas menimpa MYN, ia terjebak di tengah kobaran api yang semakin membesar.

"Iya benar, kondisi korban mengalami luka bakar seluruhnya," kata Kasi Humas Polres Situbondo, Iptu Sutrisno, Kamis (17/8/2023).

2. Sempat dikira patung

Nenek 75 Tahun di Situbondo Tewas Terbakar di KebunnyaIlustrasi mayat. (IDN Times/Mia Amalia)

Salah satu saksi mata yang merupakan tetangga korban, Marsinah, mengira mayat MYN adalah sebuah patung dengan kondisi sujud. Setelah meminta bantuan warga lainnya, semua yang hadir kaget bahwa itu adalah MYN yang sudah tidak bernyawa. Namun, keluarga korban menolak untuk dilakukan autopsi dan langsung dimakamkan saat itu.

“Saya kira awalnya patung, karena posisinya sujud, pas dicek bersama-sama ternyata adalah jasad korban,” kata Marsinah.

Baca Juga: Beredar Luas Foto Terduga Pembunuh Nenek di Situbondo

3. Kemarau ekstrem jadi penyebab munculnya api

Nenek 75 Tahun di Situbondo Tewas Terbakar di KebunnyaIlustrasi pemakaman. (FOTO: IDN Times/ Agung Sedana)

Berdasarkan olah TKP yang dilakukan, polisi tidak menemukan adanya barang-barang yang mengarah kepada tindakan kriminal. Kuat dugaan, penyebab api yang membakar ladang milik MYN karena faktor kemarau ekstrem. Di lokasi, polisi juga tidak menemukan tanda-tanda bekas pembakaran sampah.

"Tidak ada yang membakar sampah. Akibat cuaca panas menyebabkan lahan milik korban terbakar. Kemungkinan korban pingsan saat menghirup asap dan terjadilah hal tersebut," lanjut Iptu Sutrisno.

Baca Juga: Gedung Research Center Kampus ITS Kebakaran 

Agung Sedana Photo Community Writer Agung Sedana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya