Momen Kocak Warga Banyuwangi Sebut Nama Ipuk sebagai Ibu Kota Negara

Perut Presiden Jokowi dibuatnya kencang karena tertawa

Banyuwangi, IDN Times - Kunjungan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ke Banyuwangi, Jawa Timur, diwarnai gelak tawa. Presiden Jokowi bahkan sampai tertawa saat mendengar jawaban kocak dari masyarakat yang diajaknya berdialog di atas podium. 

1. Tantangan jawab pertanyaan dapat sepeda

Momen Kocak Warga Banyuwangi Sebut Nama Ipuk sebagai Ibu Kota NegaraAcara Matur Nuwun Pak Jokowi di Banyuwangi. (IDN Times/ Agung Sedana)

Momen kocak ini bermula saat Presiden Jokowi menunjuk dua warga yang juga menjadi penerima manfaat program Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) dan Perhutanan Sosial (PS) yang hadir di lapangan Maron Genteng. Ada dua warga yang ditunjuk Jokowi untuk maju ke atas podium dan menerima tantangan menjawab sebuah pertanyaan.

Tantangan pertama Jokowi menunjuk seorang remaja bernama Juventus untuk menyebutkan sila-sila Pancasila secara lantang dan berurutan. Meski hampir gagal, namun remaja tersebut mampu menjawab dengan benar dan akhirnya menerima kado berupa sepeda gunung dari Jokowi.

"Ini tadi Juventus hampir saja hilang (konsentrasi) semuanya. Tapi bisa konsentrasi lagi," kata Jokowi.

Baca Juga: Warga Banyuwangi akan Dapat Sertifikat TORA dan PS Tiga Bulan Lagi

2. Ipuk jadi nama ibu kota negara baru

Momen Kocak Warga Banyuwangi Sebut Nama Ipuk sebagai Ibu Kota NegaraMomen Jokowi dibuat tertawa warga Banyuwangi. (IDN Times/ Agung Sedana)

Warga kedua yang ditunjuk selanjutnya bernama Tari, seorang ibu-ibu dari kawasan Desa Genteng Kulon. Ibu tersebut diberikan tantangan untuk menjawab pertanyaan Presiden Jokowi tentang nama Ibu Kota Negara Indonesia yang baru.

Dengan cepat ibu tersebut menjawab nama Ipuk. Di mana, nama tersebut merupakan nama Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani. Sontak, belasan ribu warga yang menyaksikan dibuatnya terpingkal. Bahkan Presiden Jokowi pun tidak mampu menahan tawanya.

"Ibu Ipuk, ibu berdiri bu Ipuk," kata Jokowi sembari melihat ke arah Ipuk Fiestiandani yang duduk disebelah.

Suana tawa pun menyeruak di lapangan maron. Bahkan Ipuk Fiestiandani yang duduk terlihat malu menahan tawa karena namanya disebut-sebut.

3. Salah jawab kedua kalinya

Momen Kocak Warga Banyuwangi Sebut Nama Ipuk sebagai Ibu Kota NegaraBupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menundukkan kepalanya menahan tawa. (IDN Times/ Agung Sedana)

Tak berhenti di situ, Presiden Jokowi kembali memberikan pertanyaan ulang dengan soal yang sama kepada ibu-ibu tersebut. Untuk kedua kalinya, ibu tersebut menjawab dengan jawaban yang masih belum benar. Gelak tawa kedua kalinya terjadi saat ibu tersebut menjawab dengan jawaban Bapak Jokowi. Presiden kembali dibuat tertawa hingga dirinya tak mampu melanjutkan pertanyaan lagi.

"Haduh ini perut saya sudah keras (karena tertawa). Daripada perut saya keras diulang lagi, Bu Tari itu sepedanya diambil sudah. Yang penting rakyat senang," jelasnya.

Baca Juga: Cinta Pedas, Warga Banyuwangi Konsumsi 7 Juta Kilogram Cabai Setahun

Agung Sedana Photo Community Writer Agung Sedana

Sebagus-bagusnya tulisan, adalah tulisan yang menginspirasi, membangun, dan mengedukasi. Setiap orang berhak mendapatkan informasi yang benar-benar akurat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya