Makam di Jember Dibongkar, Diduga untuk Urusan Klenik

Yang dibongkar adalah makam kuno

Jember, IDN Times – Belakangan ini warga Jember, Jawa Timur, digemparkan atas beredarnya video makam yang dibongkar oleh orang tak dikenal. Dalam sebuah video berdurasi 1 menit 42 detik yang beredar, lokasi makam diduga berada di desa Randu Agung, Kecamatan Sukowono.

1. Banyak kuburan lawas yang dibongkar

Makam di Jember Dibongkar, Diduga untuk Urusan Kleniktangkapan layar video makam dibongkar di Jember (IDN Times/Istimewa)

Dalam video tersebut, seorang perekam menyampaikan bahwa kuburan yang dibongkar oleh orang tak dikenal. Ada beberapa kuburan yang berlubang mirip bekas digali orang. Perekam juga menyampaikan bahwa kuburan yang menjadi korban pembongkaran merupakan makam yang sudah lama berada di tempat tersebut.

“Ini kuburan nenek buyut siapa yang dibongkar ya, ini posisi ditengah pas lurus dengan batu. Nah ini kuburan Teguh juga dibongkar, siapa kira-kira yang membongkar ini ya,” kata perekam sembari memperlihatkan makam yang dibongkar, dilansir IDN Times pada Senin (21/8/2023).

Baca Juga: Mumet Mikir Cicilan, Petani Tembakau Jember Tak Bisa Tanam

2. Diduga untuk alasan klenik

Makam di Jember Dibongkar, Diduga untuk Urusan Klenikilustrasi ritual ilmu hitam (freepik)

Sementara itu, Faisal, salah satu tokoh masyarakat desa Randu Agung mengatakan jika pembongkaran makam tersebut diduga digunakan untuk ilmu hitam. Menurutnya kejadian ini tidak pernah terjadi sebelumnya. Atas kejadian ini, sejumlah warga merasa resah.

"Masyarakat awalnya tidak curiga untuk bisnis. Tetapi biasanya, kalau tidak dibuat pesugihan atau ilmu kebal," kata Faisal.

3. Kuburan pahlawan bangsa

Makam di Jember Dibongkar, Diduga untuk Urusan Klenikilustrasi makam (freepik.com)

Faisal meminta kepada siapapun yang mengetahui siapa pelakunya diharapkan segera melapor. Di lain sisi, salah satu makam yang dibongkar adalah makam lawas yang diklaim sebagai makam seorang pahlawan di masa penjajahan.

"Hanya menyayangkan, karena makam itu dikenal oleh warga makam pahlawan," ujar Faisal.

Baca Juga: Warga Jember Hilang 3 Hari Terseret Ombak Belum Ditemukan   

Agung Sedana Photo Community Writer Agung Sedana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya