Libur Sekolah, Pelabuhan Ketapang Dipadati Kendaraan Pribadi

Bali masih menjadi tujuan favorit liburan

Banyuwangi, IDN Times - Memasuki masa panjang libur sekolah, Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, Jawa Timur, mulai dipadati penumpang. Menurut laporan ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang, peningkatan jumlah penumpang terjadi sejak 22 Juni 2023 lalu.

GM ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang, Syamsudin, menyatakan sejumlah penumpang roda dua dan empat nampak mengantri sejak pagi hari. Penumpang didominasi oleh pengguna kendaraan pribadi.

"Mulai ada peningkatan sejak 22 Juni kemarin. Mayoritas kendaraan pribadi," katanya, Senin (26/6/2023).

Syamsudin merinci, pada 22 Juni 2023 ASDP Ketapang mencatat ada sebanyak 18.757 penumpang yang menyeberang dengan jumlah kendaraan 1.370 unit. Lonjakan signifikan terjadi pada 23 Juni, tercatat ada sebanyak 21.214 penumpang dengan jumlah kendaraan 1.502 unit.

Selanjutnya pada 24 Juni tercatat sebanyak 23.718 penumpang dan kendaraan 2.003 unit. Selanjutnya pada 25 Juni tercatat sebanyak 22.772 penumpang dan kendaraan sejumlah 2.039 unit.

"Mengalami peningkatan dari 18,7 ribu pada hari sebelumnya menjadi 21,2 ribu pada Sabtu lalu," katanya.

Libur Sekolah, Pelabuhan Ketapang Dipadati Kendaraan PribadiPelancong di Pelabuhan Ketapang hendak menyeberang ke Bali. (FOTO: IDN Times/ Agung Sedana)

Sementara dari sisi Pelabuhan Gilimanuk, hampir tidak terjadi peningkatan jumlah penumpang yang siginifikan. Peningkatan hanya terjadi searah saja, yakni dari Banyuwangi ke Bali. Syamsudin memprediksi, puncak kepadatan penumpang di Pelabuhan Ketapang terjadi pada H-1 Hari Raya Idul Adha.

“Puncak angkutan arus liburan kemungkinan H-1 libur bersama Idul Adha besok. Kalau di Gilimanuk, sejauh ini masih naik turun," jelasnya.

Baca Juga: Pelabuhan Ketapang Banyuwangi Mulai Dipadati Pelancong Nataru 2023

Agung Sedana Photo Community Writer Agung Sedana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya