Pelabuhan Ketapang Banyuwangi Mulai Dipadati Pelancong Nataru 2023

Ada juga kok pelancong domestik yang menyeberang

Banyuwangi, IDN Times - Menjelang perayaan Natal dan liburan tahun baru 2023, pelabuhan penyeberangan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, mulai ramai kendaraan. Dalam beberapa hari ini, pihak ASDP mencatat peningkatan yang cukup signifikan.

1. Sehari ada 23 ribu penumpang yang menyeberang

Pelabuhan Ketapang Banyuwangi Mulai Dipadati Pelancong Nataru 2023Kendaraan keluar dari kapal di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi. (FOTO: IDN Times/ Agung Sedana)

Berdasarkan data harian ASDP Ketapang, dalam 24 jam terakhir, ada peningkatan penumpang sekitar 30 persen. General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Ketapang, Muhammad Yasin, merinci setidaknya ada 23 ribu lebih penumpang dari Pulau Jawa menuju ke Bali.

Yasin menyebut, penyeberan di pelabuhan Ketapang didominasi oleh kendaraan pribadi dan sepeda motor. Kendati demikian, peningkatan juga terjadi pada kendaraan bus pariwisata, meskipun tidak terlalu tinggi. 

“Peningkatan cukup signifikan sampai dengan 30 persen dari kondisi normal. Dibandingkan juga dengan kondisi tahun 2021 maupun 2020 kemarin. Ini peningkatan karena recovery,” kata Yasin, Rabu (21/12/2022). 

2. Belum ada penumpukkan penumpang 

Pelabuhan Ketapang Banyuwangi Mulai Dipadati Pelancong Nataru 2023Kendaraan memasuki kapal penyeberangan Pelabuhan Ketapang Banyuwangi. (FOTO: IDN Times/ Agung Sedana)

Meskipun jumlah penumpang meningkat, namun hingga berita ini ditulis belum ada penumpukan penumpang. Sejauh ini, mulai dari proses ticketing hingga bongkar muat berjalan lancar.

"Sejauh ini masih lancar, tidak ada penumpukkan penumpang atau kendaraan," katanya.

Diprediksi, peningkatan arus penyeberangan ini akan terus meningkat sejak tanggal 22 hingga 28 Desember, dengan jeda pada 25 Desember, tepat saat Natal. “Kalau kita lihat hari Minggu itu hari natalnya proyeksi kita tiga hari sebelumnya. Demikian juga dua hari setelah Natal itu akan banyak yang akan berlibur ke Bali,” ujarnya. 

Baca Juga: Jelang Larangan Mudik, Penyeberangan Gilimanuk-Ketapang Meningkat

3. Ada 48 kapal siap mondar-mandir di Selat Bali

Pelabuhan Ketapang Banyuwangi Mulai Dipadati Pelancong Nataru 2023Suasana Pelabuhan Ketapang Banyuwangi. (FOTO: IDN Times/ Agung Sedana)

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang dan kepadatan kendaraan, ASDP Ketapang telah menyiagakan sebanyak 48 armada kapal yang akan beroperasi. Selain itu, ASDP juga menyiapkan sekenario apabila terjadi kondisi darurat seperti penumpukan kendaraan di area ASDP.

“Kapal yang ada bisa kita operasikan seluruhnya, kalau sudah mengarah sangat padat. Jika antrian kendaraan di dalam pelabuhan Ketapang mengalami kepadatan yang cukup tinggi, skenarionya kapal yang sudah penuh kendaraan harus segera berangkat,” pungkasnya.

Baca Juga: Satu Warga Meninggal, Gili Ketapang KLB Difteri

Agung Sedana Photo Community Writer Agung Sedana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya