Gunung Raung Semburkan Asap Tebal Setinggi 1000 Meter

Status meningkat jadi waspada

Banyuwangi, IDN Times - Gunung Raung mengalami peningkatan status vulkanik. Dalam rentang satu pekan terakhir, gunung api setinggi 3332 mdpl di Jawa Timur ini aktif mengeluarkan asap berwarna putih tebal hingga setinggi 1000 meter dibarengi aktivitas kegempaan.

1. Gempa hembusan meningkat

Gunung Raung Semburkan Asap Tebal Setinggi 1000 MeterGunung Raung. (istimewa)

Menurut laporan petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung, Agung Tri Subekti, pada pantauan terakhir Gunung Raung tercatat mengeluarkan asap pekat dari kawah utama. Dengan intensitas tebal tinggi sekitar 400-1000 meter. Sementara cuaca di puncak didominasi cerah hingga mendung, angin lemah ke arah utara dan selatan.

"Terjadi peningkatan jumlah Gempa Hembusan. Cuaca cerah hingga mendung, angin lemah ke arah utara dan selatan. Suhu udara sekitar 16-34 derajat Celcius," kata Agung, Selasa (19/12/2023).

Baca Juga: Ini Detail 10 Pos Pendakian Gunung Raung via Jambewangi Banyuwangi

2. Terjadi 57 kali gempa berdurasi 1 menit lebih

Gunung Raung Semburkan Asap Tebal Setinggi 1000 MeterGunung Raung via Banyuwangi. (IDN Times/ Agung Sedana)

Dalam laporannya pada periode 18 Desember 2023, Agung mencatat Gunung Raung mengalami 57 kali gempa Hembusan dengan amplitudo 3-32 mm, dan lama gempa 20-69 detik. Kemudian 1 kali gempa Tektonik Lokal dengan amplitudo 32 mm, S-P 2.2 detik dan lama gempa 101 detik.

"1 kali gempa Tremor Menerus dengan amplitudo 0.5-5 mm, dominan 1 mm," jelasnya.

3. Bahaya letusan gas dari pusat kawah

Gunung Raung Semburkan Asap Tebal Setinggi 1000 MeterPuncak Gunung Raung. (FOTO: Ali Kabul for IDN Times)

Dengan peningkatan aktivitas vulkanik tersebut, Gunung Raung saat ini berstatus waspada atau level II. Meningkatkan dari sebelumnya yang berstatus normal atau level I. Dengan kondisi saat ini, Gunung Raung berpotensi mengeluarkan gas yang terakumulasi dengan konsentrasi tinggi dari dasar kawah utama.

"Masyarakat dan pengunjung atau wisatawan tidak diperbolehkan mendekati pusat erupsi di kawah puncak dan menuruni kaldera serta tidak bermalam di Kawasan kawah puncak," katanya.

Baca Juga: Pendakian Gunung Raung dan Gunung Rante via Banyuwangi Ditutup

Agung Sedana Photo Community Writer Agung Sedana

Sebagus-bagusnya tulisan, adalah tulisan yang menginspirasi, membangun, dan mengedukasi. Setiap orang berhak mendapatkan informasi yang benar-benar akurat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya