Ahmad Dhani dan Para Artis Dapil Jatim 1 Diprediksi Gagal ke Senayan

Walau di penjara, perolehan suara Dhani sampai 35 ribu lho

Surabaya, IDN Times- Politikus Partai Gerindra, Ahmad Dhani, diprediksi oleh SCG Research and Consulting gagal melanggeng ke parlemen. Sebagaimana diketahui, Dhani merupakan calon legislatif DPR RI Dapil Jawa Timur (Jatim) I untuk wilayah Surabaya-Sidoarjo.

Nasib serupa juga dirasakan oleh sejumlah artis yang berebut kursi anggota dewan di Jatim I.

1. Suara Dhani masih terpaut jauh dari caleg Gerindra lainnya

Ahmad Dhani dan Para Artis Dapil Jatim 1 Diprediksi Gagal ke SenayanDok.IDN Times/Istimewa

SCG bergerak dari desa ke desa dan berhasil mengumpulkan 87 persen suara per 2 Mei 2019. Partai besutan Prabowo Subianto diprediksi hanya memiliki satu perwakilan dari Dapil Jatim 1. Namun, Dhani sepertinya bukan pemilik kursi tersebut.

”Hingga rekapitulasi SCG pada Kamis (2/5) perolehan Ahmad Dhani berada di kisaran 35 ribu suara, jauh di bawah Rahmat Muhajirin dan Bambang Haryo yang memperoleh suara coblos nama di atas 50 ribu suara. Sedangkan, Partai Gerindra diprediksi hanya akan mendapat 1 kursi. Jadi kursi milik Gerindra diperebutkan Rahmat Muhajirin dan Bambang Haryo. Selisih suara keduanya masih cukup tipis,” ujar Direktur SCG Research and Consulting, Didik Prasetiyono, dalam keterangan pers, Sabtu (4/5).

2. Caleg artis kurang mendapat dukungan di Jawa Timur

Ahmad Dhani dan Para Artis Dapil Jatim 1 Diprediksi Gagal ke SenayanDok IDN Times/Istimewa

Pertarungan publik figur di Jawa Timur tergolong sengit. Dhani harus bersaing dengan Andre Hehanussa (PDIP), Manohara Odelia (NasDem), dan Sundari Soekotjo (PKB). Namun, semuanya diprediksi tidak lolos ke Senayan.

”Rupanya caleg-caleg artis belum memperoleh kepercayaan di Jatim I,” tambah Didik.

Baca Juga: Fakta-fakta Kasus Vlog 'Idiot' yang Menjerat Ahmad Dhani

3. Kekuatan anggota dewan petahana masih kuat

Ahmad Dhani dan Para Artis Dapil Jatim 1 Diprediksi Gagal ke Senayandpr.go.id

Menurut Didik, para pendatang baru--termasuk caleg artis-- sepertinya kesulitan untuk menumbangkan kekuatan petahana yang elektabilitasnya telah mengakar. Sehingga, hasil perolehan Pileg 2019 diprediksi tidak akan jauh berbeda dengan Pileg lima tahun silam. 

”Peta Politik berdasar perolehan kursi di DPR RI Dapil Jatim I tidak banyak pergeseran, di mana pemilih sudah secara konsisten dalam dua kali Pemilu (Pemilu 2014 dan 2019), menetapkan Party-Identification sebagai identitas sosial kelompok. Hal ini terlihat dari hampir semua kandidat terpilih adalah legislator incumbent dan perolehan partai yang tidak mengalami banyak perubahan dibanding 2014,” jelas Didik.

4. Dhani diyakini banyak pihak lolos ke Senayan

Ahmad Dhani dan Para Artis Dapil Jatim 1 Diprediksi Gagal ke SenayanIDN Times/Fitria Madia

Prediksi SCG merupakan antitesis bagi sejumlah pihak yang menduga bahwa Dhani berhasil melanggeng ke Senayan. Legenda musik Tanah Air itu menjadi sorotan karena elektabilitasnya yang masih tinggi, padahal sudah menyandang gelar terdakwa kasus ujaran kebencian.

“Prediksi kemenangan mas Dhani dari C1 di 8.146 TPS se-Surabaya dan 5.579 TPS se-Sidoarjo, ini luar biasa, kami sampaikan terima kasih kepada relawan dan pemilih yang sudah mempercayakan amanah dan aspirasinya kepada Mas Ahmad Dhani, duduk di Senayan,” demikian klaim Siti Rafika Hardiansari selaku Ketua Tim Pemenangan Ahmad Dhani.

Baca Juga: Meski Jadi Terdakwa, Dhani Diklaim Unggul di Pileg

Topik:

  • Vanny El Rahman
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya