Mahasiswa IPB Hilang saat Penelitian di Pulau Sempu

Penelitian sudah mendapat izin dari BKSDA Jatim

Malang, IDN Times - Mahasiswa Jurusan Konservasi Sumber Daya Hutan Dan Ekowisata Fakultas Kehutanan Dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor (IPB) bernama Galang Edhi Swasono (20) dilaporkan hilang pada Rabu (27/12/2023). Warga Desa Gunung langit, Kecamatan Kalibening, Kabupaten Banjarnegara ini hilang saat melakukan penelitian di Pulau Sempu Kabupaten Malang.

Hingga saat ini, Galang belum juga ditemukan keberadaannya. Tim pencari dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, SAR, TNI/Polri, dan masyarakat masih melakukan pencarian.

1. Kronologi hilangnya Mahasiswa IPB di Pulau Sempu

Mahasiswa IPB Hilang saat Penelitian di Pulau SempuUpaya pencarian mahasiswa IPB hilang di Pulau Sempu. (Dok. PSR Malang)

Berdasarkan informasi yang beredar, Galang bersama kelompoknya dari IPB memang tengah melakukan penelitian di Blok Telaga Lele yang merupakan bagian dari Pulau Sempu. Ia melakukan penelitian pada Rabu pukul 09.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB. Namun, hingga pukul 11.30 WIB Galang tidak kunjung kembali ke kelompoknya.

Kondisi ini membuat para mahasiswa dan pendamping dari IPB melakukan pencarian pada Galang. Tapi hingga pukul 23.00 WIB ia tak kunjung ditemukan rimbanya. Bahkan pencarian dilanjutkan hingga hari ini (28/12/2023), dan belum juga ditemukan keberadaan Galang.

Baca Juga: Tahun 2021, 80 Jenis Burung Ditemukan di Pulau Sempu

2. BKSDA Jatim benarkan ada mahasiswa hilang di Pulau Sempu

Mahasiswa IPB Hilang saat Penelitian di Pulau SempuUpaya pencarian mahasiswa IPB hilang di Pulau Sempu. (Dok. PSR Malang)

Kasi Konservasi BKSDA Jawa Timur IV, Mamat Ruhimat membenarkan jika ada mahasiswa IPB yang hilang di wilayah mereka. Mereka membenarkan jika para mahasiswa ini melakukan penelitian di Pulau Sempu dan telah mendapatkan izin dari BKSDA Jawa Timur.

"Tapi penelitian ini sifatnya bukan kolaborasi dengan BKSDA Jatim. Kami hanya memfasilitasi, kalau kolaborasi artinya kami wajib mendampingi," bebernya.

Mamat mengatakan jika pihaknya saat ini telah melaporkan kejadian ini pada Satpolair Polres Malang. Namun, ia todak mau memberikan informasi lebih rinci terkait hilangnya mahasiswa ini.

3. BPBD Kabupaten Malang tengah melakukan pencarian korban

Mahasiswa IPB Hilang saat Penelitian di Pulau SempuUpaya pencarian mahasiswa IPB hilang di Pulau Sempu. (Dok. PSR Malang)

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan membenarkan jika ada mahasiswa yang hilang di Pulau Sempu. Tim BPBD Kabupaten Malang saat ini jiga telah terjun ke lokasi untuk melakukan pencarian. Tapi hasilnya masoh nihil dan korban belum ditemukan keberadaannya.

"Tapi berdasarkan laporan Pusdalops BPBD Kabupaten Malang iya (mahasiswa hilang). Kami saat ini tengah melakukan pencarian di TKP," pungkasnya.

Baca Juga: 6 Aktivitas Wisata yang Bisa Kamu Lakukan di Pulau Sempu Malang 

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya