Namanya Kian Santer Disebut Dampingi Prabowo, Khofifah Tetap Bungkam

Sek rek, sabar sek

Ngawi, IDN Times - Gubernur Jawa Timur, Nama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa  Khofifah tetap tak mau berkomentar tentang namanya yang semakin kuat dalam bursa calon wakil presiden. Ia lagi-lagi memilih tak membahas kontes politik lima tahunan itu. 

"Wes ta rek, cerito pondok. Suwun suwun (Sudah ya teman teman, tanya terkait pondok pesantren saja. Terima kasih)," ujar Khofifah saat menghadiri HUT ke- 100 di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1, Kecamatan Mantingan, Kabupaten Ngawi, Kamis siang (28/09/2023).

Dirinya berkali-kali meminta kepada para wartawan agar tidak menanyakan soal itu. "Kita sekarang ada di pondok. Cerito pondok tok ya rek (Tanya tentang pondok pesantren aja ya teman teman)," pungkasnya sambil menampilkan ekspresi senyum.

Khofifah memang semakin menguat menjadi salah satu nama yang akan mendampingi Prabowo Subianto. Kabar itu kian santer terdengar setelah hari ini Prabowo sowan ke Surabaya untuk meminta restu para kiai. 

Usai pertemuan dengan para kiai, Prabowo memang memilih bungkam. Namun, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, M. Irfan Yusuf Hasyim alias Gus Irfan membenarkan kalau saat ini mengerucut dua nama pendamping Prabowo Subianto pada Pilpres 2024. Dia tak menampik salah satu nama itu merupakan tokoh di Jawa Timur (Jatim).

Namun, Gus Irfan enggan menyebut secara spesifik dua nama yang sudah dikantongi oleh Prabowo. "Nantilah kita tunggu perkembangannya kurang etis kalau saya sebut nama," ujarnya usai pertemuan Prabowo dengan kiai Jatim di Hotel Shangri-La Surabaya, Kamis (28/9/2023).

Saat ditanya figur yang akan mendampingi Prabowo, Gus Irfan membenarkan kalau dari kalangan nahdliyin. "Usulan ada dari kiai karena yang minta kiai pasti dari nahdliyin juga. (Tokoh Jatim?) Ada. (Berapa tokoh?) Ada lah," tegas dia.

Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Al Falah, Mojo, Ploso, Kediri, KH Muhammad Abdurrahman Al Kautsar alias Gus Kautsar yang juga hadir dalam pertemuan itu menyebut sudah ada dua nama yang mengerucut untuk pendamping Prabowo di Pilpres 2024. Dia memberi sinyal kalau salah satu nama ialah Khofifah.

"(Nama Khofifah tidak muncul?) Ya beliau jelaskan salah satu nama dari beberapa Calon Wakil Presiden adalah itu, tapi yang pasti menunggu restu dari Bapak Jokowi dan kiai-kiai, kayaknya begitu," kata Gus Kautsar.

Baca Juga: Prabowo Ketemu Kiai di Jatim, Nama Khofifah Tinggal Tunggu Restu?

Riyanto Photo Community Writer Riyanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya