Museum dan Galeri SBY-ANI akan Diresmikan Besok 17 Agustus

Bisa meneladani kisah Pak SBY dan Bu Ani

Pacitan, IDN Times - Museum dan Galeri Seni SBY-ANI yang berada di Kabupaten Pacitan akan diresmikan Kamis (17/08/2023) pukul 18.00 WIB. Museum yang dibangun di atas lahan seluas 1,5 hektare di Jalan Lingkar Selatan (JLS) tepatnya Jl. Teluk Tambora No.16, Plelen, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Pacitan ini akan langsung dibuka untuk masyarakat umum. 

"Alhamdulillah, hari baiknya telah ditetapkan Pak SBY. InsyaAllah Gelari seni SBY ANI diresmikan pada besok hari Kamis, 17 Agustus ini dan akan dibuka untuk masyarakat umum," kata Direktur Eksekutif Museum dan Galeri Seni SBY-ANI, Ossy Darmawan dalam pers rillisnya hari ini, Rabu (16/08/2023).

1. Museum akan diresmikan langsung oleh SBY

Museum dan Galeri SBY-ANI akan Diresmikan Besok 17 AgustusMuseum dan Galeri SBY Ani di Pacitan. IDN Times/ Riyanto

Peresmian, lanjut dia, rencananya akan dipimpin langsung oleh Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono. Acara ini akan hadiri oleh sekitar 800 tamu, termasuk mantan menteri kabinet SBY, keluarga dan Alumni AKABRI tahun 1973.

Masih menurut Ossy, museum ini berbentuk persegi seperti gedung putih dengan enam pilar besar. Di dalamnya berisi barang yang berhubungan dengan perjalanan SBY, baik masa muda sampai saat menjabat sebagai Presiden RI selama dua periode yaitu sejak 2004 sampai dengan 2014. Ada juga koleksi buku yang ditulis oleh SBY serta koleksi seni dan foto-foto hasil jepretan almarhumah Ani Yudhoyono.

2. Pengunjung gak boleh merokok

Museum dan Galeri SBY-ANI akan Diresmikan Besok 17 AgustusIDN Times/ Riyanto

Museum ini memiliki berbagai ruang yang dikemas sedemikian rupa, sehingga warga yang berkunjung terasa seperti suasana yang pernah dialami SBY selama ini. Masyarakat bisa melihat rekaman dari kisah SBY mulai dari masa sekolah hingga menjadi presiden.

Wisatawan yang ingin mengunjungi museum tersebut wajib menaati aturan, mulai dari membeli tiket hingga larangan tidak merokok di area museum.

3. Ada tiga jenis harga tiket museum

Museum dan Galeri SBY-ANI akan Diresmikan Besok 17 AgustusIDN Times/ Riyanto

"Setelah diresmikan, tanggal 18 Agustus langsung dibuka untuk umum. Setiap hari buka kecuali hari Selasa. Dengan harga tiket masuk wisatawan internasional Rp100 ribu. Wisatawan nasional Rp50 ribu, dan khusus bagi masyarakat Pacitan, jika mengunjungi museum akan dikenakan tiket Rp25 ribu," kata Ossy.

Menurutnya harga tiket di atas telah melalui berbagai pertimbangan serta telah disetujui SBY. Museum itu sendiri tidak dikelola oleh pemerintah melainkan oleh yayasan non provit, yaitu Yayasan Yudhoyono.

"Kami yakin harga tiket tersebut terjangkau. Kita telah berupaya untuk menyeimbangkan antara jumlah penerimaan dengan pengeluaran," pungkasnya.

Baca Juga: Museum Olahraga Surabaya: Lokasi, Harga Tiket dan Koleksi 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya