Mensos Risma Kunjungi Balita Penderita Hidrosefalus di Ngawi

Total bantuan yang telah disalurkan Rp11 miliar

Ngawi, IDN Times - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini hari ini Minggu (03/12/2023) mengunjungi Kecamatan/ Kabupaten Ngawi Jawa Timur untuk melihat langsung kondisi Elvano, balita berusia 3 tahun penderita hidrosefalus.

1. Kasus Hidrosefalus di Ngawi direspon cepat Kemensos

Mensos Risma Kunjungi Balita Penderita Hidrosefalus di NgawiMensos Tri Rismaharini kunjungi Kabupaten Ngawi melihat langsung balita 3 tahu penderita hidrosefalus/ IDN Times/ Kemensos

Kementerian Sosial, melalui Sentra Terpadu Kartini Temanggung, mengaku telah memberikan respons cepat terhadap kasus Elvano dengan melakukan asesmen dan intervensi kesehatan bocah laki laki tersebut.

Untuk diketahui, Elvano telah mengalami hidrosefalus sejak usia 7 hari dan telah menjalani tindakan pemasangan selang untuk mengeluarkan cairan dari kepalanya.

Dalam upaya membantu keluarga Elvano, yang menghadapi kendala ekonomi, Kemensos juga memberikan bantuan ATENSI senilai Rp 14.428.980 kepada orang tuanya.

"Bantuan tersebut mencakup operasional dukungan layanan kesehatan, pemenuhan kebutuhan hidup layak, serta tambahan nutrisi seperti susu, Pampers, dan perlengkapan kebersihan diri," kata Risma usai serahkan bantuan.

Baca Juga: Cekcok dengan Istri, Seorang Pria di Ngawi Ditemukan Tewas di Sawah

2. Orang tua balita juga menerima bantuan kewirausahaan

Mensos Risma Kunjungi Balita Penderita Hidrosefalus di NgawiMensos Tri Rismaharini kunjungi Kabupaten Ngawi melihat langsung balita 3 tahu penderita hidrosefalus/ IDN Times/ Kemensos

Masih dalam kesempatan yang sama ibu Elvano juga mendapatkan bantuan kewirausahaan berupa warung kelontong atau toko sembako dan perlengkapan menjahit.

"Tim Kemensos juga telah mendampingi Elvano dalam pemeriksaan kesehatan di RSUD Dr. Soeroto Ngawi dan rujukan ke Poli Anak Jantung dan Spesialis Bedah Syaraf RSUD dr. Moewardi di Surakarta," ungkapnya.

Masih menurut Risma, kitabisa.com turut memberikan dukungan dengan menyerahkan donasi sebesar Rp37.558.255 dari 1.907 donatur sebagai biaya operasional selama pengobatan Elvano.

3. Risma berjanji akan

Mensos Risma Kunjungi Balita Penderita Hidrosefalus di NgawiElvano, balita berusia 3 tahun penderita hidrosefalus di Kabupaten Ngawi/ IDN Times/ Kemensos

Mensos Risma berjanji akan terus komitmen untuk mendampingi dan memonitor perkembangan kesehatan Elvano, serta memberikan dukungan bagi kewirausahaan keluarga, sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas hidup mereka.

"Sebenarnya sudah lama kita mau menyerahkan bantuan ini, tapi belum bisa. Hari ini kita sengaja datang karena menghargai pemberi sumbangan dari teman teman kita bisa. Apa pun mereka telah membantu kita, terimakasih," pungkas mantan Walikota Surabaya itu.

Total bantuan Rp11 miliar telah diberikan kita bisa untuk 136 pasien di seluruh Indonesia. Selain kita bisa, kementrian sosial juga kerjasama dan dibantu oleh lembaga lembaga seperti Kick Andy, Kompas, SCTV dan lain lain. 

Baca Juga: Risma: Sebanyak 7.814 KPM Graduasi, Tak Lagi Terima Bansos

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya