PDIP Sudah Kantongi Nama Cawapres Ganjar Pranowo

Tinggal pengumuman katanya

Surabaya, IDN Times - Pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden di Komisi Pemilihan Umum (KPU) tinggal hitungan hari. Namun, nama sosok pendamping bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo belum juga muncul. Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menyebut nama pendamping Ganjar tersebut sudah ada tinggal diumumkan saja.

Hasto mengatakan, Ganjar adalah sosok pemimpin yang baik, memiliki rekam jejak bagus dan merakyat. Sehingga opsi pendamping Ganjar pun cukup banyak. 

"Di dalam pemilu pilpres yang menentukan adalah karakter pemimpin. Nilai-nilai moralitas pemimpin, pemimpin yang punya rekam jejak masa lalu yang tidak baik, apalagi anti kemanusiaan, maka cenderung akan menghasilkan sesuatu tidak baik bagi rakyat,"  ujar dia di Hotel Vasa Surabaya, Sabtu (14/10/2023). 

Hasto menceritakan, pada 18 Maret 2023 lalu dirinya dan Pramono Anung menjadi saksi pembahasan nama-nama bacawapres Ganjar. Nama-nama tersebut adalah Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, Mahfud MD, Khofifah Indar Parawansa, Basuki Hadi Muljono, Erick Thohir dan Andika Perkasa. 

"Nah kemudian nama-nama ini dicermati secara dinamis, dilihat kesesuaian dengan pak Ganjar, dilihat komitmennya dan melihat problematika mendasar bagi negara. Disitu sudah dikerucutkan karena bu Mega sudah menerima masukan dari presiden, ketua umum partai sehingga di situ sudah dikerucutkan tinggal nanti diumumkan," kata dia. 

Hasto menyebut, setelah melalui beberapa proses, sudah ada satu nama yang siap diumumkan. Namun dia belum bisa mengungkap siapa sosok tersebut. "Ya (satu nama) namanya siap diumumkan, tinggal diumumkan," terang Hasto. 

Nama bacawapres Ganjar akan dimumkan oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Pengumuman akan disampaikan pada momentum yang tepat. "Menurut KPU (pendaftaran) tanggal 19 sampai 25 Oktober, tentu ini menjadi momentum yang baik. Kami rancang element of surprise-nya," pungkas dia. 

Baca Juga: Kemarin Anies, Sekarang Ganjar Safari Politik ke Malang

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya