PDIP belum Terima Surat Pengunduran Diri Gibran 

Sejauh ini, Puan masih percaya Gibran 

Surabaya, IDN Times - Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani menegaskan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka belum mengajukan surat pengunduran diri ke PDIP setelah diusung Partai Golkar sebagai calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Prabowo Subianto. Hal itu disampaikan Puan usai mengikuti upacara Hari Santri 2023 di Surabaya, Minggu (22/10/2023). 

Puan mengatakan, dirinya sudah bertemu dengan Gibran Rakabuming Raka. Ia menyebut telah membicarakan hal penting, namun enggan mengatakan hal penting apa itu. 

"Sudah (ketemu Gibran), sering ngomongin Gibran, ngomongin hal yang penting," kata Puan. 

Meski demikian, Puan menegaskan sejauh ini belum ada surat pengunduran diri dari Gibran. Sehingga dapat dipastikan Gibran masih menjadi kader PDIP. 

"(Surat pengunduran diri) nggak ada sama sekali," tegas dia. 

Menyikapi pengusungan Gibran sebagai cawapres, Puan mengatakan itu baru usulan saja. Belum ada langkah pasti dari Gibran. 

"Ya sudah koordinasi belum (dengan Prabowo)? tanya dulu ke mas Gibran, sudah koordinasi belum, apakah sudah atau belum, ya saya gak tahu coba ditanyakan," ungkapnya. 

Dimintai tanggapan mengenai Gibran yang sowan ke sejumlah ketua partai politik (parpol) Koalisi Indonesia Maju (KIM), Puan menyebut sowan atau silaturahmi adalah hal yang wajar dilakukan. Puan mencontohkan dirinya sendiri sebagai Ketua DPP PDIP  yang juga sowan ke sejumlah parpol. 

"Saya PDIP juga sowan, silaturahmi ke semua partai. Jadi silaturahmi itu suatu hal yang wajar dan dilakukan," terangnya. 

Ditanya seandainya Gibran jadi maju dan suara Ganjar di Jawa Tengah terancam tergerus, Puan enggan berandai-andai. Sebab, belum ada keputusan pasti dari Gibran. 

"Jangan berandai, kan belum maju, kan baru dicalonkan atau direkomendasikan. Jadi, kita tunggu dulu apa tanggapan Gibran," kata dia. 

Meski demikian, Puan telah menyiapkan strategi memenangkan Ganjar di Jawa Tengah. Jauh sebelum ada kabar Gibran maju sebagai cawapres. 

"Sebelum ada hal-hal seperti ini, Insyaallah PDIP sudah menyiapkan strategi seperti yang lainnya untuk bisa memenangkan kontestas Pileg Pilpres akan datang," pungkas dia. 

Baca Juga: Jokowi Merestui Gibran Dampingi Prabowo di Pilpres

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya