Megawati Resmikan Kebun Raya Mangrove Pertama di Indonesia

Kebun Raya ini disebut hasil inisiasi Megawati dengan Risma

Surabaya, IDN Times - Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Megawati Soekarnoputri meresmikan Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar Surabaya, Rabu (26/7/2023). Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar adalah Kebun Raya pertama di Indonesia.

Berdasarkan pantauan IDN Times, setibanya di Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar Surabaya sekitar pukul 10.00, Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia (YKRI) ini pun berkeliling Kebun oleh Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi. Ia di ajak mengitari tempat wisata yang ada. 

Setelah berkeliling Megawati pun menandatangi prasasti peresmian. Ia juga menyerahkan satu koleksi spesies bibit mangrove kepada Eri. 

Dalam sambutannya, Megawati mengatakan, kebun Raya ini merupakan inisasianya dengan Menteri Sosial Tri Rismaharini yang saat itu menjadi Wali Kota Surabaya. 

"Ini inisiasi saya dengan Bu Risma," ujar Megawati. 

Ada 57 jenis mangrove yang ada di Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar. Ditambah satu yang baru saja diserahkan Megawati kepada Eri, menjadi 58 koleksi. 

Selain menginiasiasi mangrove, Mengawati mengatakan, saat itu ia juga meminta Risma untuk menanam pohon cemara udang. Cemara udang disebut sebagai peneduh juga sebagai penahan banjir rob. 

"Umpanya kalau ada tsunami, ini  (Cemara udang) untuk memecah tekanan," kata dia. 

Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar menjadi Kebun Raya ke-46 yang ada di Indonesia. Kebun raya ini pun menjadi satu-satunya kebun raya mangrove di Indonesia. "Kalau bisa menambah koleksi spesies, kalau saya dengar spesies mangrove itu 100, ini baru separuh," jelas dia.  

Baca Juga: Megawati Akan Resmikan Kebun Raya Mangrove Surabaya

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya