Kaesang di Konser Tugu Pahlawan, Disbudpar: Izinnya Bukan Kampanye

Tugu Pahlawan wilayah yang dilarang untuk kampanye

Surabaya, IDN Times - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep hadir di acara konser Solidarity Bikers Indonesia (BSI) di Tugu Pahlawan Surabaya.  Kegiatan tersebut syarat akan kampanye, padahal Tugu Pahlawan merupakan wilayah yang dilarang untuk digunakan kampanye. 

Berdasarkan Keputusan Surat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya Nomor 614.1 tahun 2023 tertulis, alat peraga kampanye (APK) boleh dipasang di Jalan Pahlawan, sepanjang tidak dipasang di Tugu Pahlawan. 

Dari Pantauan IDN Times, baliho sambutan Kaesang sebagai Ketua Umum PSI sudah terpasang di depan area Tugu Pahlawan. Kemudian, wajah Kaesang juga terpampang di  billboard panggung. 

Bukan cuma itu, di Lapangan Tugu Pahlawan, banyak muda mudi menggunakan kaos berlogo PSI. Kemudian, di tengah konser Kaesang pun datang menggunakan baju jeans dengan logo Solidarity Bikers Indonesia. 

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga, serta Pariwisata (Disbudporapar) Surabaya Wiwiek Widayati mengatakan, pihaknya menerima izin dari komunitas tersebut dengan acara konser. Tak ada tulisan bermuatan kampanye. 

"Izinnya ke Disbudporapar acara bikers membuat konser. Saya dapat informasi ada dugaan atribut (partai)," kata Wiwiek Widayati saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (6/12/2023).

Mereka mengajukan izin kepada Disbudpar satu hari sebelum acara yakni, Selasa (5/12/2023). Disbudpar pun memberi izin, karena tidak tertulis acara kampanye. 

"Kami memberi izin bikers untuk konser. Malam ini ada laporan dugaan unsur politik. Kami klarifikasi bahwa tidak ada kampanye (pada izin) yang saya tahu bikers untuk konser," jelasnya. 

Atas hal tersebut, Wiwik akan berkoordinasi dengan Bakesbagpol Surabaya. Sebab, kegiatan kampanye harus melibatkan Bawaslu.  

Ia pun akan lebih selektif lagi bila ada yang mengajukan izin menggelar acara. Termasuk memastikan siapa pengisi acaranya. 

"Karena sudah masuk masa kampanye, lebih detail agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," pungkasnya. 

Sementara itu, Ketua BSI, Firosya Shalathi mengatakan, kegiatan tersebut bukan merupakan kampanye. Mereka menggelar kegiatan tersebut untuk hiburan, mendukung UMKM, dan mengumpulkan komunitas pecinta motor. Kaesang diundang sebagai tokoh Milenial. 

"Kaesang memang di undangan, sebagai tokoh milenial anak muda, supaya beliau ikut meramaikan acara ini. Kan beliau juga suka motor. Sebagau anak muda sempat beberapa kali ikut kegiatan anak motor" kata dia. 

Ditanya soal atribut partai, dia menyebut itu hanya kebetulan. Sebab, tak dapat dipungkiri Kaesang merupakan Ketua Umum PSI. 

"Jadi otomatis mungkin massa datang secara sendirinya. Ini free htm, kita tidak membatasi dan larangan, cuman untuk bendera yang masuk kita dicegah sedini mungkin, tidak terbawa masuk sampai venue," pungkasnya. 

Baca Juga: Penyambutan Putra Bungsu Jokowi di Surabaya Sempat Bikin Macet

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya