Gibran Tak Dipecat dari PDIP, Puan : Memang Harus?

Belum dipecat meski sudah jadi cawapes

Surabaya, IDN Times - Putra sulung Presiden Joko "Jokowi" Gibran Rakabuming saat ini belum juga dipecat dari PDI Perjuangan. Meski saat ini Wali Kota Solo itu sudah menjadi calon wakil presiden dari Prabowo Subianto. 

Ketua DPP PDIP, Puan Maharani mengatakan, hingga kini Gibran masih belum mengembalikan Kartu Tanda Anggota (KTA) PDIP. Namun, Gibran sudah menjadi calon wakil presiden (cawapres) dari Pranowo Subianto. 

"Kan sudah menjadi Cawapres pak Prabowo, udah itu aja. (Pengembalian KTA) belum ada. Tapi sudah menjadi cawapres Mas Prabkwo," ujar Puan saat meresmikan Kantor Tim Pemengan Daerah (TPD) Ganjar-Mahfud di Surabaya, Sabtu (4/11/2023). 

Saat ditanya mengapa Gibran tidak dipecat, Puan mengatakan memangnya harus PDIP memecat Gibran. Ia tidak memberi alasan yang jelas, mengapa Gibran hingga saat ini belum juga dipecat. 

"Memang harus? (Gibran dipecat dari PDIP)," ungkap Ketua DPR RI ini. 

Puan mengatakan, PDIP memang tegas terhadap anggotanya, pihaknya juga telah memiliki aturan jelas bagi anggota yang tidak taat. Namun, dalam pemecatan Gibran ini pihaknya tengah melihat situasi dan kondisi.

"Kita tegas, kita juga mempunyai aturan, kita juga melihat situasi dan kondisi jadi apa yang akan dilakukan atau yang akan dilaksanakan tentu saja setelah kami mempertimbangkan dengan sebaik-baiknya," ungkapnya. 

Puan bahkan membantah jika perlakuan PDIP terhadap Gibran berdeda dengan perlakuan PDIP kepada Budiman Sudjatmiko. Saat itu, PDIP tegas memecat Budiman ketika Budiman mendukung Prabowo. "Gak, biasa-biasa saja (tidak ada perlakuan berbeda Budiman Sudjatmiko dengan Gibran)," pungkas dia. 

Baca Juga: Puan Maharani Sindir Pemerintah Saat Ini, Orde Baru Reborn!

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya