Ganjar Tak Ada di Rakernas Projo, PDIP Sebut Tetap Solid

Sudah ada Projo Ganjar

Surabaya, IDN Times - Hari ini, Sabtu (14/10/2023) Relawan Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Projo tengah menggelar rapat kerjaa nasional atau rakernas di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta. Sejumlah nama seperti Jokowi, bakal calon presiden (Bacapres) Prabowo Subianto dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka akan hadir. Namun, tak ada nama Ganjar Pranowo di dalamnya.

Ketua DPP PDI Perjuangan, Ahmad Basarah yang juga Ketua Tim Koordinasi Pemenangan Relawan Ganjar Pranowo, Ahmad Basarah mengatakan, dirinya tidak tahu apakah tim kordinasi relawan Ganjar diundang dalam rakernas tersebut. "Saya tidak tahu apakah tim koordinasi relawan Ganjar diundang dalam rakernas Projo," ujar Basarah di Hotel Vasa Surabaya, Sabtu (14/10/2023). 

Ditanya apakah pihaknya pernah melakukan komunikasi dengan Projo, Basarah mengaku saat ini sudah ada Projo yang bergabung dengan Ganjar. Relawan tersebut menamai Projo Ganjar.

"Dan tentu siapapun yang datang kepada kami yang menyatakan dukungannya tentu harus kami terima dengan tangan terbuka, karena itulah sejatinya energi yang dapat mendukung Mas Ganjar," jelas dia. 

Basarah menyebut, sebagai partai politik yang mengusung Ganjar, ia melakukan komunikasi dengan semua relawan yang sikap dan keputusan politiknya mendukung Ganjar Pranowo sebagai Presiden. Meski begitu, dirinya tetap menghormati sikap dari organisasi lain. 

"Jadi dari saya selaku ketua tim koordinasi pemenangan relawan Ganjar Pranowo menghormati setiap keputusan politik yang diambil oleh masing-masing organ relawan untuk menentukan arah politik dan dukungannya pada Pilpres 2024," jelas dia. 

Dimintai tanggapan bila keputusan relawan Projo ternyata mendukung Prabowo, Basarah mengungkap itu merupakan hak demokrasi masing-masing organisasi relawan. Relawan adalah organisasi independen dan mandiri yang tidak bisa dicampuri oleh siapapun. 

"Sehingga keputusan organ relawan itu harus datang dari kesepakatan kolektif mereka bersama," jelasnya. 

Menurut dia, setiap organisasi relawan memiliki mekanismenya masing-masing dalam mengambil keputusan. 

"Kita biarkan mereka memgambil keputusan sesuai dengan kaidah organisasi yang telah disepakti masing-masing organ relawan," kata Basara

Saat ini, pihaknya hanya fokus pada relawan yang benar-benar menyatakan dukungan pada Ganjar. Relawan tersebut akan terus solid dan bekerja setiap hari. 

"Kami solid, kami bekerja setiap hari organ relawan, baik di kantor kami di tim koordinasi relawan rumah aspirasi di jalan Diponegoro 72 Jakarta Pusat maupun kegiatan relawan yang dilaksanakan masing-masing organ relawan di tengah masy, itu fokus kami," tegas Basarah

 "Dan memang sejatinya eksistensi terbentuknya organ relawan adalah untuk menambah san mendukung suara Mas Ganjar," imbuh dia. 

Relawan-relawan ini yang akan membantu partai untuk menaikkan suara Ganjar. Sehingga, elektabilitas Ganjar pun semakin meningkat. 

"Salah satu kontribusi relawan Ganjar selain mesin parpol yang sudah mulai bekerja efektif, yang membuat hari ini elektabilitas Mas Ganjar terus mengalami tren kenaikan," tuturnya. 

Basarah juga mengaku tak terganggu dengan manuver politik yang ada. Ia tak mau ikut campur dengan organisasi relawan lain. 

"Tidak (terganggu manuver lain) kami fokus bekerja sesuai dengan ruang lingkup kami, kami tidak ikut campur terhadap rumah tangga organ relawan lain yang tidak dalam posisi mendukung Mas Ganjar," pungkas dia. 

Baca Juga: PDIP Sudah Kantongi Nama Cawapres Ganjar Pranowo

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya