Distribusi Minyak Goreng Curah Telat, Kapolri Minta Polda Turun Tangan

Keluar pabrik tanggal 17, baru sampai di pasar kemarin, duh!

Surabaya, IDN Times - Kapolri, Jendral Listyo Sigit Purnomo menyebut bahwa proses distribusi minyak goreng curah dari pabrik hingga ke pasar mengalami keterlambatan. Ia menyebut produsen sebenarnya sudah menyalurkan minyak goreng curah sejak tanggal 17 Maret 2022 lalu.

"Jadi sebenarnya sudah mulai tanggal 17 Maret distribusi minyak curah sesuai dengan HET," ujar Listyo saat melakukan pengecekan di PT Smart, Rungkut Surabaya, Sabtu (26/3/2022). Ia pun meminta jajarannya untuk mengawasi distribusi komoditas ini.

1. Minyak curah baru sampai ke pasar kemarin

Distribusi Minyak Goreng Curah Telat, Kapolri Minta Polda Turun TanganKapolri, Jendral Listyo Sigit saat konferensi pers di Hotel Whyndam Surabaya, Sabtu (26/3/2022). (IDN Times/Khusnul Hasana)

Berdasarakan pengamatannya, minyak goreng curah mengalami kelangkaan karena distributor baru menyalurkannya kemarin, Jumat (25/3/2022).

"Tadi kita cek terjadi perbedaan. Di sini disampaikan sudah dari satu minggu lalu (distribusi minyak curah), tapi di pasar saya tanya barang baru sampai kemarin," ungkapnya.

Baca Juga: Penyaluran Minyak Curah Subsidi di Malang Diwarnai Protes Pedagang 

2. Polri terus melakukan pengawasan distribusi minyak goreng curah

Distribusi Minyak Goreng Curah Telat, Kapolri Minta Polda Turun TanganKapolri, Jendral Listyo Sigit saat konferensi pers di Hotel Whyndam Surabaya, Sabtu (26/3/2022). (IDN Times/Khusnul Hasana)

Untuk itu, pihaknya akan terus melakukan pengawasan terhadap distribusi minyak goreng curah. Ini dilakukan supaya ketersediaan minyak goreng curah di Jawa Timur bisa terpenuhi. "Mudah-mudahan ketersediaan minyak curah HET betul-betul ada di masyarakat khususnya bulan Ramadan," tuturnya.

Ia juga meminta kepada Polda Jatim agar melakukan pengawasan, khususnya daerah yang mengalami kelangkaan minyak goreng curah. "Tempat yang kosong ada di mana untuk diinformasikan, kemudian bisa dihubungkan ke distributor untuk mengisi wilayah yang kosong," jelasnya.

3. Kapolri minta produsen tingkatkan produksi minyak curah

Distribusi Minyak Goreng Curah Telat, Kapolri Minta Polda Turun Tanganilustrasi minyak goreng curah (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Kata Jendral Sigit, PT Smart setiap hari telah memproduksi 250 ton minyak goreng curah. Ia meminta agar produsen bisa meningkatkan produksinya. "Tadi dari hasil diskusi, beliau siap untuk meningkatkan produksi kebutuhan minyak curah, kita coba untuk komunikasika dengan Kementerian Perindustrian," ucap Jendral Sigit.

Pihaknya juga akan berkoodinasi dengan distributor yang dibawahi oleh PT Smart agar segera menyalurkan minyak curah ke seluruh wilayah di Jawa Timur.

Baca Juga: Kapolri Minta Minyak Goreng Curah Terus Tersedia di Pasar Wonokromo

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya