Alasan Ida Susanti Tak Gugat Cerai Meski Suaminya Ternyata Perempuan 

Ada beberapa alasannya

Surabaya, IDN Times - Ida Susanti (59) perempuan yang viral karena menikah dengan seorang yang ternyata perempuan menceritakan apa yang dialaminya. Ia telah menikah selama 20 tahun dan tidak mengajukan gugatan cerai meski telah mengetahui bahwa suaminya ternyata sosok perempuan.

Ida mengatakan, ada beberapa alasan mengapa dirinya tak melakukan gugat cerai kepada Nardinata Marshioni Suhaimi. Pertama karena, sejak awal surat nikahnya dibawa oleh kakak Nardinata. 

"Surat nikahnya aja gak ada, baru ketemu tahun 2013," ungkap Ida, Jumat (29/9/2023).

Selain itu, Ida mengaku tak ada waktu untuk mengurus gugatan cerai. Ia hanya fokus agar Nardinata segera ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan penipuan yang telah ia laporkan ke Polda Jatim. 

"Enggak (mengajukan gugatan cerai) ora enek waktu (tidak ada waktu)," ungkapnya. 

Apalagi, Nardinata tidak mengakui bahwa dirinya menikah dengan Ida. Hal itu disebut tercantum di BAP. 

"Dia tidak mengakui kawin, itu ada di BAP," kata Ida Susanti.  

Seperti diberitakan sebelumnya, Ida Susanti wanita asal Surabaya mengaku merasa tertipu karena menikah dengan seorang pria bernama Nardinata yang ternyata perempuan. Ida dan Nardinata menikah pada 2000.

Setelah melakukan bulan madu di Bangkok, Nardinata mengaku bahwa dirinya adalah seorang perempuan. Karena Ida terlanjur sayang dengan Nardinata yang dia kenal sebagai laki-laki, Ida pun tetap melanjutkan pernikahan. 

Selama jalannya pernikahan, Ida mengaku kerap mendapat kekerasan fisik dan seksual. Tak tahan dengan hal itu, Ida pun melaporkan Nardinata ke Polda Jatim pada 2002. 

Baca Juga: Viral Cerita Perempuan di Surabaya Suaminya Ternyata Perempuan

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya