Kunjungi Kilang Minyak Terbesar ASEAN, Menhub Dikawal 250 Personel

Bahkan polisi juga siapkan penembak jitu

Tuban, IDN Times-  Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Direktur Utama (Dirut) Pertamina Nicke Widyawati mendapatkan pengawalan ketat dari dari personel pengamanan gabungan Tuban, Sabtu (30/11). Sebanyak 250 personel gabungan TNI, Polri yang bersenjatakan lengkap dan Dinas Perhubungan diterjunkan untuk pengamanan keduanya, saat meninjau lokasi pembangunan pelabuhan Kilang Pertamina Grass Root Refinery (GRR) di Desa Mentoso, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. 

1. Dipimpin langsung Kapolres Tuban

Kunjungi Kilang Minyak Terbesar ASEAN, Menhub Dikawal 250 PersonelMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Direktur Utama (Dirut) Pertamina Nicke Widyawati saat melakukan kunjungan kerja di Tuban. IDN Times/Imron

Pengamanan ketat atas kunjungan kerja Menhub dipimpin langsung Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono itu bertujuan untuk mengantisipasi adanya tindakan kejahatan saat kegiatan berlangsung.

"Anggota yang kita libatkan dalam pengamanan kunjungan Menteri Perhubungan 250 personel terdiri dari 200 personel dan TNI Dishub, Satpol PP 40 personel, dan Brimob satu regu berjumlah 10 orang termasuk penembak jitu," kata Kapolres Tuban, di lokasi.

2. Kilang minyak terbesar di Asia Tenggara

Kunjungi Kilang Minyak Terbesar ASEAN, Menhub Dikawal 250 PersonelMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Direktur Utama (Dirut) Pertamina Nicke Widyawati saat meninjau lokasi pembangunan pelabuhan kilang minyak di Tuban. IDN Times/Imron

Nanang mengatakan, kilang minyak Pertamina Grass Root Refinery (GRR) yang bakal dibangun di wilayah perairan laut Utara Tuban, merupakan kilang minyak terbesar di Asia Tenggara. Kilang itu akan mengolah minyak mentah menjadi BBM jadi yang dikirim ke beberapa wilayah Kabupaten yang ada di Jawa Timur dan Bali.

Vitalnya objek tersebut membuat pengamanan ketat seperti itu wajar. Selain bagi Menhub, pengamanan itu juga diperlukan para pekerja demi kelancaran kegiatan pembangunan.

3. Pengamanan di ring I diisi anggota Brimob dan Macan Ronggolawe

Kunjungi Kilang Minyak Terbesar ASEAN, Menhub Dikawal 250 PersonelMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan keterangan kepada wartawan. IDN Times/Imron

Kapolres Tuban juga menginstruksikan langsung agar pengamanan Ring I itu diisi anggota Brimob dan Marong Macan Ronggolawe (Tim khusus yang dibentuk Polres Tuban) yang bersenjata lengkap dengam rompi anti peluru.

"Setelah itu pengamanan Ring II yaitu anggota Sat Sabhara dan TNI, ada juga Ring III yaitu Sat Lantas, Dishub dan Satpol PP untuk mengamankan jalur lalulintas," ungkapnya.

4. Menteri perhubungan langsung bertolak ke Madura

Kunjungi Kilang Minyak Terbesar ASEAN, Menhub Dikawal 250 PersonelMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menghampiri salah satu pekerjaan. IDN Times/Imron

Sementara itu, usai melakukan kunjungan kerja ke Tuban, Budi dan Nicke langsung bertolak ke Madura. Untuk melakukan kegiatan selanjutnya. "Alhamdulillah kunjungan Bapak Menteri Perhubungan sudah selesai dan pengamanan berjalan dengan aman," pungkasnya.

Baca Juga: Kilang Terbesar Terkendala Pembebasan, Emil: Kompensasi Sudah Siap

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya