Kunjungi Sentra Produksi Tempe Kripik, Sandi Janji Tak Impor Kedelai

Kampanye sandiaga uno di sentra produsi tempe kripik

Kota Malang, IDN Times - Calon Wakil Presiden Nomor Urut 2, Sandiaga Uno, mengatakan akan kembalikan produksi kedelai dalam negeri subur kembali. Hal ini berkaitan dengan kebutuhan akan kedelai di Indonesia sangat tinggi, namun saat ini mayoritas kedelai di Indonesia masih diimpor dari luar negeri. 

Pernyataan tersebut disampaikan di depan Paguyuban Sentra Produksi Tempe Kripik Sanan di Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, saat kunjungan kampanyenya di Kota Malang pada Jum’at (23/11).

Baca Juga: Seandainya Kalah Pilpres 2019, Sandiaga Sudah 'Investasi' Pilpres 2024

1. Saat ini harga kedelai tidak stabil

Kunjungi Sentra Produksi Tempe Kripik, Sandi Janji Tak Impor KedelaiIDN Times/Habil Misbachul

Sandiaga mengatakan tempe menjadi salah satu sumber utama masyarakat Indonesia. Namun, ia mengeluhkan saat ini harga tempe makin naik, karena harga kedelai yang tidak stabil.

“Kebutuhan protein masyarakat saat ini terpenuhi oleh tempe, tapi sayangnya saat ini harga kedelai makin mahal,” ujarnya.

2. 2019 pakai kedelai lokal

Kunjungi Sentra Produksi Tempe Kripik, Sandi Janji Tak Impor KedelaiIDN Times/Habil Misbachul

Sandiaga juga menyampaikan bahwa saat ini kebutuhan kedelai Indonesia sangat bergantung pada Amerika.

“Dulu masih ada Kanada, RRC, Amerika. Tapi, saat ini hanya dari Amerika. Oleh karenanya Dolar naik, tempe ikut naik,” papar Sandiaga.

Ia melanjutkan akan jamin produksi kedelai dalam negeri akan kembali subur. “Untuk apa impor? Jika kami terpilih menjadi presiden dan wakil presiden Insya Allah 2019, Sanan pakai produk (kedelai) sendiri,” kata Sandiaga diikuti tepuk tangan hadirin yang hadir.

3. Temukan tempe setipis kartu ATM

Kunjungi Sentra Produksi Tempe Kripik, Sandi Janji Tak Impor KedelaiDok. IDN Times/Istimewa

Seperti yang kita tahu, Sandiaga pernah mengungkap fakta tempe setipis kartu ATM beberapa saat yang lalu. Hal ini menjadi viral. Pada kesempatan ini, ia melontarkan ucapan bernada candaan saat pertama kali, ia menemukan produksi tempe setipis Kartu ATM.

“Akhirnya untuk pertama kali saya menemukan produksi tempe setipis ATM di sentra produksi Tempe Kripik Sanan,” ucap Sandiaga diikuti gelak tawa hadirin yang datang.

Baca Juga: Tak Hanya Kampanye, Ini Jadwal Kulineran Sandiaga di Malang

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya