Tinjau Rutan Medaeng, Fadli Zon Sebut Kamp Konsentrasi Nazi Lebih Baik

Rutan di Indonesia sudah over capacity

Sidoarjo, IDN Times - Usai melakukan kunjungan ke Rumah Tahanan Klas 1 Surabaya, Medaeng Sidoarjo pada Rabu (20/2) malam, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon merasa prihatin. Menurutnya keadaan Rutan sudah tidak manusiawi bagi para tahanan yang dititipkan di sana.

 

1. Sebut kondisi Rutan tidak manusiawi

Tinjau Rutan Medaeng, Fadli Zon Sebut Kamp Konsentrasi Nazi Lebih BaikIDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Fadli melakukan kunjungannya selama 3 jam. Setelah keluar dari Rutan, ia menyebut bahwa Rutan sudah tidak layak karena jumlah tahanan melebihi daya tampung Rutan. Tercatat dari daya tampung sebenarnya 504 tahanan, malah ada 2.944 yang bermalam di sel-sel tersebut.

"Jadi gitulah ini ikan pindang. Ini menurut saya tidak boleh seperti itulah. Tidak manusiawi," tuturnya.

2. Bandingkan dengan Kamp Konsentrasi

Tinjau Rutan Medaeng, Fadli Zon Sebut Kamp Konsentrasi Nazi Lebih BaikIDN Times/Fitria Madia

 

Ia juga sempat membandingkan Rutan-rutan yang ada di Indonesia dengan Kamp Konsentrasi Auschwitz yang digunakan oleh Nazi untuk menahan tawanannya sebelum dibunuh. Menurut Fadli, Kamp Konsentrasi masih lebih layak dibanding Rutan di Indonesia.

"Saya pernah ke kamp konsentrasi nazi di Auschwitz sampai sekarang masih ada itu ada tempat tidur. Masih seperti apa adanya, saya kira kondisi di sana masih lebih baik. Kondisi tempat tidur lingkungan masih lumayan gitu lho. Tapi kalau di sini numpuk tidur, tidur itu aja sulit harus gantian. Tidak layak sama sekali," jelasnya.

3. Berharap terdakwa tidak dengan mudah ditahan

Tinjau Rutan Medaeng, Fadli Zon Sebut Kamp Konsentrasi Nazi Lebih BaikIDN Times/Fitria Madia

 

Dengan kondisi tersebut, ia mengatakan bahwa pihak Rutan memang tak dapat berbuat banyak. Pasalnya mereka hanya dapat pasrah menerima tahanan yang dititipkan dalam Rutan.

"Seharusnya yang memerintahkan itu yang harus tahu kapasitasnya berapa. Tidak bisa dihitung seperti ikan pindang. Tidak manusiawi sama sekali," sesalnya.

Baca Juga: Al Ghazali Batal Kunjungi Dhani, Fadli Zon Pilih Malam Hari

4. Usulkan rumah tahanan khusus kasus narkoba

Tinjau Rutan Medaeng, Fadli Zon Sebut Kamp Konsentrasi Nazi Lebih BaikIDN Times/Fitria Madia

 

Oleh karena itu, ia berharap pihak kejaksaan atau pengadilan dapat dengan bijak menimbang sebelum memutuskan untuk menahan terdakwa. Sebagai contoh, tahanan kasus narkoba dengan kasus terbanyak di dalam Rutan sebaiknya tak semua di tahan.

"Mungkin kedepan harus ada pemikiran perkara-perkara seperti narkoba harus diseleksi mana yang harus direhab. Kita juga harus memikirkan ada mekanisme lain, ada kerja sosial atau denda atau rumah tahanan khusus untuk narkoba," pungkasnya.

Baca Juga: Fadli Zon Datang ke Rutan Malam Hari, Kunker Sambil Besuk Dhani

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya