#RommyJumatanDimana, Usilnya Netizen Tanggapi OTT Rommy

Hingga jam 12 ia tidak tampak meninggalkan ruang pemeriksaan

Surabaya, IDN Times - Sempat-sempatnya tangan-tangan usil warganet beraksi saat ramai pemberitaan tertangkapnya Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (15/3). Bahkan tagar #RommyJumatanDimana dan #MakelarDoaDitangkapKPK menjadi trending topic di media sosial Twitter selama beberapa jam.

Baca Juga: OTT Rommy, KPK Ciduk 5 Orang

1. #RommyJumatanDimana sempat jadi nomor 1

#RommyJumatanDimana, Usilnya Netizen Tanggapi OTT RommyTwitter.com

Tagar pertama yang menjadi populer adalah #RommyJumatanDimana. Hingga pukul 17.30 WIB telah ada 58 cuitan yang diunggah para warganet di Twitter. Mereka mempertanyakan di manakah anggota DPR RI komisi IV tersebut salat Jumat. @

"Biasa Jum'at an dg Jokowi... Hari ini kok ngga bareng yach.... Ada yg tau Romi jumatan dimana? Kasih tau dong #RommyJumatanDimana," cuit akun @PurwokoYusup

Cuitan tersebut banyak digunakan oleh penduduk dunia maya. Pasalnya, pemeriksaan Rommy berlangsung sejak seusai penangkapan sekitar pukul 08.00 WIB hingga 14.30 WIB. Ia pun tak nampak meninggalkan ruang pemeriksaan di Subdit III Tipidkor Ditreskrimsus Polda Jatim.

2. #MakelarDoaDitangkapKPK mengundang perang argumen pendukung masing-masing Paslon

#RommyJumatanDimana, Usilnya Netizen Tanggapi OTT RommyIDN Times/Fitria Madia

Tweet kedua yang turut populer adalah #MakelarDoaDitangkapKPK. Telah ada 55 ribu cuitan warganet yang mengikutsertakan tagar tersebut. Warganet menganggap Rommy sebagai makelar doa karena seringnya ia menitipkan doa-doa kepada para ulama.

Pada cuitan ini banyak warganet terutama pendukung Pasangan Calon Presiden-Wakil Presiden nomor urut 02, Prabowo Subiyanto-Sandiaga Uno yang mengungkit-ungkit tingkah laku Rommy. Pada tagar ini banyak thread perang pendapat yang terjadi. Akun @1001SIKEREI misalnya, ia menyindir Rommy dengan sebutan tukang makelar doa. "Ha...ha..ha.... Tukang makelar doa akhirnya kecyduk, doa yang diralat mengena ke dirinya"

3. Tertangkap OTT di Surabaya

#RommyJumatanDimana, Usilnya Netizen Tanggapi OTT RommyIDN Times/Fitria Madia

 

Rommy diketahui terjaring OTT KPK di Hotel Bumi Surabaya, Jumat (15/3). Ia tertangkap bersama 4 orang lain dan langsung digelandang ke Mapolda Jatim. Pasa proses penangkapan ini sempat terjadi drama kejar-kejaran antara penyidik dan para terduga koruptor tersebut. Setelah menjalani pemeriksaan, Rommy dan rekan-rekannya diterbangkan ke Jakarta pada pukul 15.05 WIB.

4. Terkait jual beli jabatan

#RommyJumatanDimana, Usilnya Netizen Tanggapi OTT RommyIDN Times/Fitria Madia

 

Juru bicara KPK Febri Diansyah memberikan keterangan bahwa Rommy dan 4 orang lainnya tertangkap atas dugaan jual beli jabatan di Kementerian Agama baik pusat maupun daerah. Mereka juga mengamankan sejumlah uang pada saat proses penangkapan.

"Ada waktu maksimal 24 jam nanti untuk menentukan status dan nanti akan kami jelaskan secara lebih rinci pada pemberian keterangan pers. Kalau jadi, konferensi pers akan dilakukan pada malam ini. Atau bisa jadi dilakukan hari Sabtu," pungkas Febri.

Baca Juga: OTT Rommy: What We Know So Far

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya