Sidang Keenam, Ahmad Dhani Curigai Kekuatan Makhluk Asing

Kok serem?

Surabaya, IDN Times - Terdakwa kasus pencemaran nama baik Ahmad Dhani menjalani sidang ke enam, Selasa (5/3). Sidang ini dimulai pada pukul 10.40 WIB. Tak hanya didampingi oleh kuasa hukum, terlihat istri terdakwa, Mulan Jameela juga mengikuti proses persidangan.

 

1. Menghadirkan 4 saksi

Sidang Keenam, Ahmad Dhani Curigai Kekuatan Makhluk AsingIDN Times/Fitria Madia

 

Sidang kali ini beragendakan mendengar keterangan saksi. Dari 7 saksi yang dipanggil oleh Jaksa Penuntut Umum, 4 orang bersedia hadir untuk memberikan kesaksian yaitu Suhadak, Reza Adriansyah, Rahmat, dan Rudi Rosadi.

Saksi pertama Rudi Rosadi merupakan Koordinator Orator Koalisi Elemen Bela NKRI. Ia membenarkan pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh JPU.

"Kita mengehendaki adanya satu tindakan yang direncanakan tanggal 26 tidak dilaksanakan. Kalau terjadi bisa memungkinkan chaos di tengah masyarakat. Kami tidak melakukan survey tapi jelas," tutur Rudi.

2. Nonton bareng Vlog Dhani

Sidang Keenam, Ahmad Dhani Curigai Kekuatan Makhluk AsingIDN Times/Ardiansyah Fajar

Pada sidang kali ini pihak pengadilan menyediakan layar proyektor untuk menyaksikan vlog Ahmad Dhani yang merupakan barang bukti atas persidangan. Namun kuasa hukum merasa keberatan karena file video tersebut bukan video asli yang dijadikan sebagai alat bukti dan telah melalui proses pemeriksaan laboratorium forensik.

"Tidak sesuai dengan laboratorium forensik. Nomor file beda. Itu sudah diedit. Ada tulisan mp4. Ini tidak sah majelis hakim," ujar kuasa hukum Ahmad Dhani.

3. Poin BAP saksi dicabut

Sidang Keenam, Ahmad Dhani Curigai Kekuatan Makhluk AsingIDN Times/Fitria Madia

 

Pada saksi pertama, salah satu poin Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dicabut. Pasalnya pada poin dakwaan tertulis Dhani menyebut "yang demo itu idiot." Sedangkan setelah video ditayangkan, keterangan pada BAP dan di video berbeda. Ahmad Dhani hanya menyebut "ini idiot idiot."

Namun saksi kedua, Suhadak. Ia sempat keberatan untuk mencabut kesaksiannya meskipun poinnya sama dengan saksi pertama. Ia tetap kekeuh mempertahankan meski kuasa hukum telah menjelaskan ancaman hukuman apabila memberikan kesaksian palsu.

Baca Juga: Pegawai Hotel Majapahit Akan Jadi Saksi pada Sidang Dhani

4. Kuasa hukum sebut BAP saksi Suhadak persis dengan saksi sebelumnya

Sidang Keenam, Ahmad Dhani Curigai Kekuatan Makhluk AsingIDN Times/Fitria Madia

Selain itu kuasa hukum terdakwa juga menemukan BAP milik saksi Suhadak berisi sama persis seperti milik saksi Edy Firmanto. Saat ditanya apakah ia yakin atas keterangan tersebut, ia merasa yakin. "Tapi ini sama persis termasuk titik komanya. Apakah saudara saksi yakin?" salah satu kuasa hukum kembali bertanya.

Setelah sempat terlibat beradu mulut, ketua majelis hakim Anton Widyopriyono melerai keduanya. "Saudara saksi saya bertanya apakah saat BAP ditandatangani, dibaca dulu?" yang dijawab dengan tegas "tidak" oleh Suhadak.

5. Ahmad Dhani menyebut adanya makhluk asing

Sidang Keenam, Ahmad Dhani Curigai Kekuatan Makhluk AsingIDN Times/Fitria Madia

Selama jalannya persidangan, Mulan nampak tenang di bangku pojok depan. Sesekali ia memainkan sampul buku Personal Branding yang ada di tangannya. Ketika persidangan mulai memanas, sesekali ia juga berdiri karena gemas.

Persidangan dihentikan sementara pada pukul 12.44 WIB untuk kemudian dilanjutkan pada 13.30 WIB. Ketika memberikan tanggapan atas kesaksian, Ahmad Dhani menyebutkan kecurigaannya terhadap makhluk asing.

"Yang mulia saya mohon saksi ini (Suhadak) diabaikan. Selain karena penjelasannya berbelit-belit, saya mencurigai ada kekuatan makhluk asing yang bisa mengganti BAP saksi ini," pungkasnya.

Baca Juga: Sidang Keenam Ahmad Dhani, Mulan Jameela Akhirnya Hadir

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya