Mulai Hari Ini, Bansos Kemensos Disalurkan di Surabaya

Bagi yang belum punya KKS tetap dapat Bansos Kemensos

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya membuka layanan penyaluran bantuan sosial tambahan dari Kementerian Sosial mulai hari ini, Selasa (28/12/2021) hingga Rabu (29/12/2021) di lapangan GOR Pancasila. Penyaluran di GOR ini merupakan permintaan langsung Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini.

"Akhir tahun memang semua harus terealisasi. Maka saya minta Pak Wali (Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi) menyiapkan tempat (penyaluran bansos) untuk semuanya, agar bisa selesai dalam waktu dua hari kedepan. Dan hal ini biasa ketika saya memohon kepada Kepala Daerah," ujar Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini di Surabaya, Senin (27/12/2021). 

1. Semua penerima Bansos berhak meski belum punya KKS

Mulai Hari Ini, Bansos Kemensos Disalurkan di SurabayaWali Kota Surabaya, Eri Cahyadi memastikan data warganya untuk penyaluran bansos dari Kemensos RI. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Risma mengatakan bahwa bantuan-bantuan tersebut merupakan hak warga. Oleh karena itu, proses pencairan bantuan harus semudah mungkin agar manfaatnya bisa langsung dirasakan oleh warga yang berhak menerima, salah satunya yaitu bantuan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

"Karena waktu juga sudah tidak ada, kalau orang tidak mampu membutuhkan biaya transportasi dan itu juga berat bagi mereka. Jadi saya minta, langsung transaksi manual," jelas Risma.

Baca Juga: Malam Tahun Baru, Seluruh SPBU di Surabaya Tutup Pukul 21.00 WIB

2. Penerima Bansos yang belum punya KKS bisa secara manual

Mulai Hari Ini, Bansos Kemensos Disalurkan di SurabayaWali Kota Surabaya, Eri Cahyadi memastikan data warganya untuk penyaluran bansos dari Kemensos RI. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Risma pun meminta warga yang belum menerima KKS agar tetap bisa mendapat bantuan melalui sistem manual. Pasalnya, hasil penertiban data Kemensos menunjukkan bahwa masih banyak penerima bantuan baru yang belum memiliki KKS.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan bahwa pihaknya siap bergerak cepat untuk membantu warga agar bisa mendapatkan Bansos Kemensos secara manual.

“Ibu Risma sudah sangat perhatian ke warga kurang mampu di Surabaya, maka Pemkot juga bergerak cepat memfasilitasi warga agar mudah mendapatkan bantuan, tanpa ribet sesuai arahan Ibu Risma,” tutur Eri.

3. Pemkot bantu fasilitasi percepatan penerimaan Bansos

Mulai Hari Ini, Bansos Kemensos Disalurkan di SurabayaWali Kota Surabaya, Eri Cahyadi saat mendampingi Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini dalam persiapan penyaluran bansos di Surabaya. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Eri mengatakan, pihaknya telah melakukan tiga langkah untuk memfasilitasi penyaluran Bansos Kemensos. Pertama yaitu menyediakan tempat penyaluran bantuan terpusat sehingga semua proses dapat terintegrasi dengan baik.

"Bu Menteri sudah memberikan untuk warga Surabaya. Besok (pembagian bantuan) akan saya letakkan di Gelora Pancasila, sehingga yang disampaikan Bu Menteri tadi bisa bermanfaat untuk umat itu bisa langsung terasa, maksimal hari Rabu (29/12/2021) harus sudah tersalurkan semua," terangnya.

4. Penerima Bansos juga disediakan transportasi oleh Pemkot

Mulai Hari Ini, Bansos Kemensos Disalurkan di SurabayaWali Kota Surabaya, Eri Cahyadi memastikan data warganya untuk penyaluran bansos dari Kemensos RI. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Langkah berikutnya yaitu memberikan fasilitas transportasi warga penerima Bansos Kemensos dari keluarahan masing-masing ke tempat penyaluran terpusat. Mobilitas penerima Bansos ini diurus oleh kecamatan dan kelurahan masing-masing dari wilayah masing-masing menuju GOR Pancasila. Sedangkan langkah terakhir yaitu memfasilitasi proses sinkronisasi data penerima bantuan.

"Data pemerintah kota saya minta ke tim untuk disinkronkan. Pemkot bergerak sekuat tenaga agar proses verifikasi berjalan cepat. Misal Himbara butuh bantuan untuk segera validasi, Pemkot siap support penuh,” ungkapnya.

Baca Juga: Mensos: Makin Banyak Beri Bantuan, Semakin Terbuka Berbagai Masalah

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya