La Nyalla Mantu, Jokowi Jadi Saksi 

Jajaran menteri kabinet juga tampak hadir

Surabaya, IDN Times - Sabtu (21/12) merupakan hari bahagia bagi Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia AA La Nyalla Mattaliti. Ia menikahkan putrinya yang dihadiri Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo dan menteri-menteri lainnya.

1. Jokowi sebagai saksi, menteri-menteri lain juga datang

La Nyalla Mantu, Jokowi Jadi Saksi Tampak Jokowi dan Ketua MA Hatta Ali dalam pernikahan putri keua La Nyalla. IDN Times/Fitria Madia

Akad nikah putri kedua La Nyalla, Aulya Rachmi Ramadhani berlangsung di Hotel Shangri La Surabaya pada Sabtu (21/12) pagi. Terlihat banyak karangan bunga yang bertengger di halaman hotel. Karangan bunga tersebut kiriman dari berbagai pihak mulai kepala daerah, menteri, hingga kalangan pengusaha.

Pada pukul 08.40 WIB, Jokowi pun mendatangi lokasi akad nikah. Ia mengenakan setelan jas berwarna hitam dan dasi biru. Sementara Ibu Negara, Iriana Joko Widodo mengenakan kebaya brukat berwarna cokelat muda. Jokowi tiba dan langsung disambut La Nyalla beserta keluarganya dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Kedatangan Jokowi juga diikuti oleh beberapa menterinya yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, dan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali.

2. Akad berjalan lancar

La Nyalla Mantu, Jokowi Jadi Saksi Pernikahan putri kedua La Nyalla. IDN Times/Fitria Madia

Proses akad nikah Aulya dengan Muhammad Yusuf Ibnu berlangsung lancar. Yusuf hanya perlu mengucap satu kali akad berbahasa Indonesia yang kemudian disahut kata "sah" oleh Jokowi. Seisi ruangan tamu yang melihat prosesi akad nikah melalui layar lebar dan monitor pun mengucap hamdalah.

"Ananda Muhammad Yusuf Ibnu Bin Ariyanto Harsono, saya nikahkan dan saya kawinkan ananda dengan putri kandung saya Aulya Rachmi Ramadhani dengan maskawin seperangkat alat salat dan logam mulia dibayar tunai," ujar La Nyalla.

Setelah mengucap kata sah dan memanjatkan doa, Jokowi pun bersyukur atas pasangan tersebut dan mengusap muka dengan kedua tangannya. Yusuf yang merupakan putra dari Guru Besar Universitas Airlangga itu pun bernafas lega.

Baca Juga: Kritik Kongres PSSI, La Nyalla Tarik Diri dari Bursa Caketum?

3. Langsung bertolak ke Tuban

La Nyalla Mantu, Jokowi Jadi Saksi La Nyalla menyambut Jokowi. IDN Times/Fitria Madia

Usai prosesi akad nikah, Jokowi beserta rombongannga langsung meninggalkan lokasi akad. Mereka bertolak ke Tuban untuk meninjau kilang PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) yang terletak di Kecamatan Jenu. Ia bergegas memasuki mobilnya tanpa berkata apa pun. Risma yang turut melepas keberangkatan Jokowi pun melambaikan tangannya ke arah mobil berpleat Indonesia 1 itu.

"Hati-hati nggih, Pak Jokowi. Terima kasih atas kedatangannya," tutur Risma singkat.

Baca Juga: La Nyalla Sebut FIFA Bisa Batalkan Indonesia Jadi Tuan Rumah Pildun

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya