Surabaya Jalani PSU, Kapolrestabes Keliling Pastikan Keamanan Kota

Hingga saat ini terpantau kondusif, gaes

Surabaya, IDN Times - Dalam pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kota Surabaya, Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan bersama jajarannya melakukan patroli ke tempat diselenggarakannya PSU, Sabtu (27/4).

Kunjungan tersebut bertujuan untuk memastikan suasana kondusif di sekitar untuk menciptakan rasa aman kepada masyarakat.

Baca Juga: H-1 Batas Akhir PSU, Ketua KPU Tak Yakin Pelaksanaan Mulus

1. Sejauh ini PSU berjalan kondusif

Surabaya Jalani PSU, Kapolrestabes Keliling Pastikan Keamanan KotaIDN Times/Fitria Madia

Tujuan pertama kunjungan Rudi dan rombongan, adalah tempat pemungutan suara (TPS) 11 Kelurahan Lidah Kulon, Kecamatan Lakarsantri. Di sana, ia meninjau TPS dengan 289 DPT. Di TPS tersebut, Rudi menyampaikan bahwa berdasarkan pantauannya, hingga saat ini gelaran PSU berlangsung kondusif.

"Kita saksikan bersama, Alhamdulillah sampai saat ini berjalan kondusif. Hadir juga dari Bawaslu Kota, KPU Kota, dari Pemerintah Kota juga. Alhamdulillah kondusif," ujar Rudi.

2. Rudi merasa tidak ada ancaman khusus

Surabaya Jalani PSU, Kapolrestabes Keliling Pastikan Keamanan KotaIDN Times/Fitria Madia

PSU yang terjadi di Surabaya diakibatkan kesalahan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara yang memberikan 5 surat suara kepada pemilih nonDPT. Bagi Rudi, kesalahan ini merupakan murni human error dan bukan merupakan suatu ancaman bagi Pemilu di Surabaya.

"Saya yakin, masyarakat Surabaya tidak main ancaman-ancaman. Ini adalah pesta demokrasi. Mereka tentu tahu ini merupakan waktu untuk menentukan pilihannya. Saya rasa tidak ada masalah," tutur ia.

3. Petugas keamanan tetap disiagakan

Surabaya Jalani PSU, Kapolrestabes Keliling Pastikan Keamanan KotaIDN Times/Fitria Madia

Meski demikian, pria yang sebentar lagi akan menjadi Wakapolda Lampung ini tetap menyiagakan pasukannya dengan jumlah yang lebih banyak dari saat pemungutan suara pada Rabu (17/4). Terlihat, setidaknya ada 10 personel kepolisian, 5 personel TNI, dan 5 personel Brimob yang menjaga di masing-masing TPS.

"Kita selalu berpikiran over estimate. Kita ingin tahapan-tahapan Pemilu berjalan dengan lancar. Ini kan ibaratnya kali kedua setelah yang seharusnya kemarin tanggal 17, ini kan pengulangan. Kita mengantisipasi saja supaya tidak terjadi gangguan," lanjut Rudi.

4. Dua TPS menjalani PSU di Surabaya

Surabaya Jalani PSU, Kapolrestabes Keliling Pastikan Keamanan KotaIDN Times/Fitria Madia

Usai melakukan tinjauan di TPS 11 Lidah Kulon, Rudi dan rombongannya melanjutkan perjalanan ke KPU Kota Surabaya dan TPS 28 Kelurahan Rungkut Menanggal, Kecamatan Gununganyar. Dalam perjalanan berikutnya, rombongan Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan juga ikut menyusul.

Sebagai informasi, PSU terjadi di 2 tempat di Kota Surabaya. Yang pertama, di TPS 11 Lidah Kulon karena adanya satu orang pemilih nonDPT yang mendapatkan 5 surat suara. Di TPS Lidah Kulon, pemilihan yang diulang adalah untuk DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kota. Sementara di TPS 28 Rungkut Menanggal, dilakukan pemungutan ulang untuk Presiden, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kota. Hal ini dikarenakan ada 6 pemilih nonDPT yang menggunakan hak suaranya tanpa menunjukkan surat pindah pilih (A5).

Baca Juga: Ikut Pemungutan Suara Ulang, Warga Surabaya Dapat Es Dawet Gratis

Topik:

  • Elfida

Berita Terkini Lainnya