Sesuai Wasiat, Gus Sholah akan Dimakamkan Di Samping Pusara Sang Ayah

Ponpes Tebuireng sudah siapkan pemakaman

Jombang, IDN Times - Jenazah KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah akan dimakamkan di sebelah utara, samping makam ayahanya, KH Wahid Hasyim, di Kompleks makam keluarga, Pondok Pesantren Tebuireng, Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jatim.

Pantauan IDN Times di lokasi, sudah terdapat galian liang lahat dengan panjang sekitar 2 meter dan lebar 1 meter. Lokasinya tepat di utara makam pahlawan nasional dan tokoh Nahdlatul Ulama (NU), KH Wahid Hasyim yang sekaligus ayah dari Gus Sholah. Pusara Gus Sholah juga berada di sebelah barat makam Gus Dur, bersela dua makam dengan keluarga pondok.

"Galian Liang lahat berkedalaman sekitar 1,5 meter. Tadi penggalian dimulai jam delapan pagi," kata Wakil Ketua Ponpes Tebuireng KH Slamet Habib, Senin (3/2).

Menurut Kiai Habib, lokasi makam tersebut merupakan wasiat dari Gus Sholah sewaktu masih hidup. Wasiatnya yakni ingin dimakamkan di sebelah ayahnya.

"Dulu Gus Sholah pernah pesan dimakamkan di situ. Kemudian keluarga musyawarah ditempatkan di situ," kata Habib sembari menunjukkan lokasi.

Di area lokasi makam Tebuireng saat ini sudah terpasang dua tenda. Di sekitar makam juga terpasang beberapa tenda yang akan digunakan para petakziah. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dijadwalkan akan turut menghadiri prosesi pemakaman Gus Sholah

"Insyaallah yang menghadiri pemakaman Ibu Khofifah. Ada juga Pak Mahfud MD, Menteri Koordinator Hukum dan Ham," ujar Kiai habib.

Sebagaimana diketahui, Gus Sholah wafat Senin malam, pada pukul 20.59 WIB di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta. Gus Sholah sempat menjalani operasi jantung karena sakit. Kondisinya dikabarkan kritis hingga akhirnya meninggal dunia.

Laporan Kontributor Jombang IDN Times Jatim, Zainul Arifin

Baca Juga: Gus Sholah Wafat, Santri Tebuireng: Kami Sangat Kehilangan Pak Kiai

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya