Partai Mahasiswa Terbentuk, Buat Apa Sih?

Mereka telah gelar Rakernas I

Surabaya, IDN Times - Ketua umum (Ketum) Partai Mahasiswa Indonesia (PMI), Eko Pratama angkat bicara ihwal tudingan soal partai siluman. Secara tegas, dia menyampaikan kalau partainya mempunyai tujuan dan visi ketika didirikan. Terbukti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I telah digelar.

"Kami ingin menyampaikan kepada publik bahwasannya partai kami ini ada. Bukan partai siluman. Kami tetap mengadakan agenda politik sesuai AD/ART," ujarnya kepada IDN Times, Senin (18/7/2022).

1. PMI disebut untuk wadah mahasiswa yang ingin berpolitik

Partai Mahasiswa Terbentuk, Buat Apa Sih?Rakernas I Partai Mahasiswa Indonesia (PMI) di Surabaya. Dok. Ketum PMI, Eko Pratama kepada IDN Times.

Eko menyampaikan bahwa tujuan dibentuknya PMI adalah sebagai wadah untuk menciptakan berbagai kesempatan bagi mahasiswa yang pengin berpolitik. Soal tuduhan kalau PMI akan memecah gerakan mahasiswa, Eko menanggapi hal itu sebagai kritik yang subjektif.

"Itu kritikan yang subjektif, semua orang berhak mengutarakan itu. Kami sebagai partai politik akan menjalankan kerja-kerja politik kami," kata dia.

Baca Juga: Ketum Partai Mahasiswa Indonesia Ternyata Kuliah di Surabaya

2. Akan ajak mahasiswa gabung ke struktur kepengurusan

Partai Mahasiswa Terbentuk, Buat Apa Sih?Ilustrasi mahasiswa. ANTARA FOTO/Idhad Zakaria

Lebih lanjut, kerja-kerja politik yang dimaksud Eko yaitu lebih menyosialisasikan PMI kepada mahasiswa. "Mengajak rekan-rekan mahasiswa yang mau terlibat dalam struktur kepengurusan (PMI). Mengajak mahasiswa agar mau terlibat aktif dalam agenda-agenda politik elektoral," dia menjelaskan.

"Jadi intinya kami ini melihat partisipasi mahasiswa yang kalau dimasukkan ke segmen pemilih pemula itu masih minim, setidaknya dengan adanya PMI orang-orang aware kalau partai politik bukan hanya untuk kalangan orang usia segini, segmen ini saja, mahasiswa pun tidak masalah," kata Eko.

3. PMI mulai gelar Rakernas di Surabaya

Partai Mahasiswa Terbentuk, Buat Apa Sih?Rakernas I Partai Mahasiswa Indonesia (PMI) di Surabaya. Dok. Ketum PMI, Eko Pratama kepada IDN Times.

Sebelumnya PMI telah menggelar Rakernas I di Surabaya. Rakernas ini melibatkan seluruh pengurus DPP dan 34 DPD PMI yang sudah terbentuk. Dalam Rakernas ini, PMI membahas strategi internal untuk ke depannya. Tapi, untuk urusan Pemilu 2024, PMI masih belum tentu ikut sebagai peserta.

CKita akan berpartisipasi aktif dalam Pemilu 2024. Kami sudah ikut tahapan sejak awal, tinggal bagaimana mengukur kemampuan kami. Kalau memungkinkan daftar, kami ya daftar," pungkas Eko.

Baca Juga: Rakernas Pertama, Partai Mahasiswa Komitmen Partisipasi Aktif Pemilu

Topik:

  • Faiz Nashrillah
  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya