Ketum Partai Mahasiswa Indonesia Ternyata Kuliah di Surabaya

Hidup Mahasiswa! Hidup Partai...

Surabaya, IDN Times - Partai Mahasiswa Indonesia (PMI) menjadi perbincangan hangat. Partai ini dianggap muncul bak siluman. Nah, ketua umum partai yang telah disahkan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) ini ternyata mahasiswa Surabaya.

1. Ketum PMI merupakan mahasiswa Fakultas Kedokteran UWK Surabaya

Ketum Partai Mahasiswa Indonesia Ternyata Kuliah di SurabayaJalan Ahmad Yani, Kota Surabaya dari udara. Dok. Humas Pemkot Surabaya

Humas Universitas Wijaya Kusuma (UWK) Surabaya, Taufik membenarkan bahwa ketua umum PMI, Eko Pratama merupakan mahasiswa di kampusnya. Meski tak merinci tahun angkatan Eko, namun Taufik membeberkan fakultasnya.

"Betul, mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan," ujarnya saat dikonfirmasi IDN Times, Senin (25/4/2022). Sayangnya, Taufik enggan menyampaikan tanggapan ihwal jabatan Eko sebagai ketua umum partai.

Baca Juga: Fakta-Fakta Partai Mahasiswa Indonesia yang Kemunculannya Bak Siluman

2. Dikenal sebagai Koordinator BEM Nusantara, dikecam Presiden BEM Unair

Ketum Partai Mahasiswa Indonesia Ternyata Kuliah di Surabayalogo BEM Nusantara. (@BEM_NUSANTARA/Twitter)

Selain tercatat sebagai mahasiswa UWK Surabaya, Eko juga dikenal sebagai aktivis di Surabaya. Dia diketahui menjabat koordinator pusat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara. "Saya hanya tahu kalau Eko ini merupakan mahasiswa UWK Surabaya yang menjadi Koordinator BEM Nusantara," ujar Presiden BEM Unair, Yoga Haryo Prayogo.

Yoga juga menegaskan, sikap BEM Unair mengecam adanya PMI. Menurutnya, peran mahasiswa itu bukan berpolitik praktis yang masuk di tiga lembaga kekuasaan, tetapi tetap di dalam masyarakat sipil dalam pilar demokrasi. Mahasiswa harus menjadi mitra kritis bagi pemerintah.

"Jaga-jaga seperti kondisi hari ini, oposisi di parlemen minim, sehingga mahasiswa bisa menjadi oposisi terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah yang kurang tepat di masyarakat," katanya.

"Lha bayangkan, kalau mahasiswa masuk parlemen, jatuhnya dukung koalisi dengan siapa sehingga terjerembab dalam kontrak-kontrak politik yang akan mengotori kemurnian gerakan bersama masyatakat, akan mengotori tugasnya sebagai watch dog  pemerintah dan kebijakannya," dia menambahkan.

3. PMI disahkan oleh Menkumham

Ketum Partai Mahasiswa Indonesia Ternyata Kuliah di SurabayaIDN Times/Arifin Al Alamudi

PMI sendiri telah disahkan oleh Kemenkumham pada 17 Februari 2022 dalam surat nomor M.HH-AH.11.04-19. Surat ini ditandatangani langsung oleh Menkumham, Yassona Laoly. Dalam surat ini pula, tertera bahwa ketumnya ialah Eko Pratama dan Sekjen Mohammad Al Hafiz. Kantornya di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan. Hingga berita ini disiarkan, Ketum PMI, Eko belum merespons IDN Times saat dihubungi.

Baca Juga: Seorang Mahasiswa UII Diduga Selewengkan Dana Lembaga Mahasiswa

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya