Mau Daftar Capres dari PDIP? Ini Syaratnya

Wajib daftar BPJS juga gak ya?

Surabaya, IDN Times - Figur yang diusung PDI Perjuangan dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 masih menjadi rahasia. Ketua DPP PDIP, Puan Maharani mengajak seluruh kader untuk memenangkan figur yang akan ditunjuk oleh Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Tapi, ia menyematkan harapan, figur itu harus peduli dengan partai.

"Bahwa nanti siapa pun yang kemudian akan diputuskan Ibu Ketua Umum sebagai calon presiden dan calon wakil presiden untuk 2024, orang itulah yang akan kita menangkan untuk jadi presiden yang akan datang," ujarnya saat sambutan di DPC PDIP Surabaya, Selasa (1/3/2022) malam.

1. Harus mau berjuang demi partai dan rakyat

Mau Daftar Capres dari PDIP? Ini SyaratnyaIlustrasi PDIP. Dok IDN Times/bt

Perempuan yang merupakan Ketua DPR RI ini mengatakan bahwa figur yang akan diusung PDIP pada Pilpres 2024 harus memenuhi beberapa syarat. Salah satunya ia harus benar-benar telah berjuang demi partai. Tak hanya itu, figur tersebut juga harus mau turun ke bawah untuk menemui rakyatnya.

"Harusnya orang tersebut adalah orang yang betul-betul paling tidak berjuang, memperhatikan partai, ikut berdarah-darah membangun PDIP selama ini," kata dia.

"Turun ke bawah, ketemu dengan rakyatnya. Bertemu dengan orang yang orang yang menjadi keluarga besarnya. Itulah calon yang akan jadi yang nantinya diusung PDIP," Puan menambahkan.

2. Tak hanya eksis di medsos

Mau Daftar Capres dari PDIP? Ini SyaratnyaPexels.com/PhotoMIX Ltd.

Maka, sambung Puan, tidak seharusnya jika pemimpin nantinya hanya eksis di media sosial (medsos) saja. Dia mengakui bahwa sekarang banyak yang beralih ke digital. Namun pemimpin yang ideal adalah sosok yang selama ini benar-benar ada di tengah-tengah masyarakat.

"Sekarang zaman digital. Harus mengikuti perkembangan jaman ada sosmed, media, itu penting. Tapi kita juga mau lihat pemimpin yang selama ini ada," kata dia.

Baca Juga: Klaim Unggul Survei Ril dan Abal-abal, Puan Ingin PDIP Cetak Hat-trick

3. Teruskan cita-cita Bung Karno

Mau Daftar Capres dari PDIP? Ini SyaratnyaKetua DPR RI, Puan Maharani usai pertemuan dengan PWNU Jatim, Selasa (1/3/2022) malam. IDN Times/ Ardiansyah Fajar.

Lebih lanjut, Puan menyampaikan kriteria yang tak kalah penting untuk menjadi kader dan pemimpin yang ideal. Yakni secara tegas menyatakan dirinya adalah bagian dari PDIP, figur yang selalu hadir dalam setiap acara partai, dan yang cinta dan meneruskan cita-cita Bung Karno.

"Mau nggak yang bersangkutan menyatakan dirinya sebagai keluarga besar PDIP? Pernah nggak dia ada di setiap acara-acara partai? Dia pencinta Bung Karno atau nggak, apakah dia meneruskan cita-cita Bung (Karno)," ucap dia.

Baca Juga: Gema Puan Sebut Ada Buzzer Adu Domba Puan Maharani dan Ganjar Pranowo

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya