Keluarga Kru Nanggala-402 Dapat Bantuan Rumah hingga Beasiswa Sekolah

Masih ada anggota keluarga yang tinggal di flat

Sidoarjo, IDN Times - Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa menyampaikan kondisi keluarga prajurit TNI Angkatan Laut (AL) yang menjadi kru KRI Nanggala-402 kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Menurut Khofifah, sebagian dari mereka masih tinggal di kompleks TNI maupun flat.

Baca Juga: Bupati Jombang Doakan Kru KRI Nanggala-402 Mati Syahid

1. Keluarga Nanggala dapat rumah dari pemerintah

Keluarga Kru Nanggala-402 Dapat Bantuan Rumah hingga Beasiswa SekolahDeretan fakta Kapal Nanggala-402 yang dinyatakan hilang kontak di utara Bali pada 21 April 2021. (IDN Times/Sukma Shakti)

Melihat kondisi tersebut, Khofifah membeberkan kalau pemerintah akan memberikan bantuan rumah untuk mereka. Sehingga, ke depannya rumah yang disediakan itu menjadi jaminan bagi para keluarga kru Nanggala yang ditinggalkan suaminya yang telah gugur.

"Alhamdulillah. Terima kasih Pak Presiden. Rumah merupakan kebutuhan dasar bagi keluarga. Ada anggota keluarga KRI Nanggala 402 yang tinggal di kompleks, ada yang di flat, jika mereka dapat bantuan rumah akan menjamin tempat tinggal mereka di kemudian hari," ujarnya usai dampingi Presiden, Kamis (29/4/2021), di Lanudal Juanda, Sidoarjo.

2. Presiden temui langsung keluarga

Keluarga Kru Nanggala-402 Dapat Bantuan Rumah hingga Beasiswa SekolahIlustrasi Jokowi (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebelumnya, Presiden Joko 'Jokowi' Widodo menemui keluarga kru Nanggala di Lanudal Juanda, Sidoarjo. Dalam kesempatan tersebut, mantan Wali Kota Solo itu menyampaikan duka cita mendalam atas gugurnya 53 patriot KRI Nanggala-402.

"Semoga arwah beliau beliau di sisi-Nya, diberikan tempat yang terbaik, diampuni dosa dosanya," katanya dalam live streaming YouTube Sekretariat Negara.

3. Janjikan kenaikan pangkat dan beasiswa

Keluarga Kru Nanggala-402 Dapat Bantuan Rumah hingga Beasiswa SekolahKapal Selam KRI Nanggala-402. (ANTARA FOTO/Syaiful Arif)

Selain bantuan rumah, Jokowi menyampaikan, pemerintah akan memberikan penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat, atas pengorbanan para prajurit ini kepada negara. Selain itu juga pemberian beasiswa bagi putra putrinya.

"Dan juga kemarin sudah kita sampaikan untuk putra putri dari ibu sekalian, akan diatur oleh negara biar bisa sampai kuliah di perguruan tinggi," ungkapnya.

"Tadi sudah saya sampaikan ke Panglima maupun KASAL, agar pengaturan dan manajemen mekanismenya diatur agar semuanya rapi," dia menambahkan.

Pertemuan ini juga dihadiri KASAL Laksamana TNI Yudo Margono, Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Pertahanan Prabowo, dan Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Baca Juga: Nuzulul Quran, Masjid Al-Akbar Siapkan Doa Bersama Buat Kru Nanggala

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya