Candaan Menohok Menag Soal AMIN: Pilih Itu Bid'ah!

Yaqut langsung klarifikasi kalau tidak terkait politik

Surabaya, IDN Times - Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas menyindir Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Presiden - Wakil Presiden, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar yang punya akronim AMIN. Dia bahkan menyebut kalau memilih AMIN merupakan bid'ah.

Sindiran sembari berkelakar itu ia sampaikan saat sambutan acara orientasi PPPK di Gedung Diklat Kemenag Kanwil Jatim, Surabaya, Rabu (13/9/2023). Mulanya, Yaqut menyapa Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag, Amin Suyitno.

"Prof doktor Amin Suyitno, ini aminnya tambahan atau sudah lama pak? karena lagi ramai ini amin-amin," ujarnya lantas disambut gelak tawa undangan dan peserta yang hadir dalam orientasi.

"Lagi ramai ini (amin), saya gak tahu ya, saya curiga, saya biasanya panggilnya Pak Yitno, bukan Pak Amin," Yaqut melanjutkan.

Lebih lanjut, Yaqut masih menambahkan candaannya membahas nama Amin Suyitno. "Jangan-jangan karena ada pasangan Presiden singkatannya Amin. Tapi saya gak pilih itu pak," katanya lantas tertawa. "Jelas ya? Hahaha. Kalau ada yang masih pilih itu bid'ah, hehehe," ucap Yaqut.

Usai acara, awak media mengonfirmasi Yaqut perihal maksud sambutannya yang menyindir Bapaslon Presiden - Wapres berakronim AMIN. Dia mengklarifikasi kalau tidak ada kaitan dengan politik.

"Itu nama orang, Amin Suyitno. Gimana sih kamu? Itu nama orang Amin Suyitno," katanya lantas tertawa. "Amin Suyitno itu nama Kepala Balitbang, saya gak pilih Pak Amin gitu, gak ada hubungannya, hahaha," pungkas dia.

Baca Juga: Jelang Deklarasi Anies - Muhaimin, Tim 8 Berharap Demokrat Balik

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya