Jokowi Sebut Tol Mapan Bisa Dorong Ekonomi Malang Raya

Malang Raya akan dijadikan pusat pariwisata dan pendidikan

Malang, IDN Times - Proyek jalan tol Malang-Pandaan akhirnya diresmikan dan siap beroperasi. Dari lima seksi yang masuk dalam proyek, tiga seksi yaitu sambungan dari tol Panjang hingga exit Karanglo akan mulai beroperasi Selasa (14/5/2019). Sementara seksi empat dan lima yang merupakan exit terakhi sejauh ini masih proses penyelesaian. Peresmian jalan tol tersebut dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo di depan pintu keluar Singosari, Senin (13/5/2019). 

1. Dorong pertumbuhan ekonomi Malang Raya

Jokowi Sebut Tol Mapan Bisa Dorong Ekonomi Malang RayaIDN Times/ Alfi Ramadana

Beroperasinya jalan tol Malang-Pandaan tersebut akan memberi dampak positif untuk perekonomian di Malang Raya dan sekitarnya. Selain meningkatkan efisiensi waktu tempuh, keberadaan jalan tol juga akan mempermudah akses bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Malang Raya. 

"Kami berharap nantinya Malang Raya bisa menjadi pusat pariwisata dan pendidikan. Tentunya kehadiran tol Mapan ini akan sangat membantu sekali untuk kemajuan hal tersebut," papar Presiden RI, Joko Widodo, Senin (13/5/2019).

2. Pembangunan lanjutan tol tak ganggu situs Sekaran

Jokowi Sebut Tol Mapan Bisa Dorong Ekonomi Malang RayaIDN Times/ Alfi Ramadana

Lebih lanjut, Jokowi menambahkan bahwa untuk penyelesaian proyek tol Mapan ditargetkan akhir tahun. Ia menjelaskan bahwa penyelesaian seksi empat dan lima tak akan mengganggu proses penggalian situs Purbakala Sekaran yang juga berada di area jalan tol. 

"Saat ini masalah tersebut sudah selesai. Untuk lebih jelasnya silahkan tanya langsung bupati dan wali kota," tambah Jokowi.

Baca Juga: Resmi Dioperasikan Jokowi, Tol Mapan Digratiskan Hingga Lebaran  

3. Sudah ditunggu sejak lama

Jokowi Sebut Tol Mapan Bisa Dorong Ekonomi Malang RayaDok/Istimewa

Sementara itu, Menteri PUPR, Basuki Hadimulyono menjelaskan bahwa beroperasinya ruas tol Malang Pandaan ini sudah sangat ditunggu masyarakat. Meskipun belum sepenuhnya selesai, tapi hal itu dinilai bisa mempermudah akses masyarakat. Terutama saat arus mudik dan balik Lebaran nanti.

"Mudah-mudahan keseluruhan ruas tol Malang-Pandaan ini bisa selesai lebih cepat. Seksi 1-3 akan beroperasi mulai besok. Sementara untuk seksi 4-5 jika sudah selesai juga akan segera dioperasikan. Pastinya keberadana jalan tol ini sudah sangat ditunggu masyarakat," jelasnya. 

4. Merupakan salah satu jalan tol terindah

Jokowi Sebut Tol Mapan Bisa Dorong Ekonomi Malang RayaIDN Times/ Alfi Ramadana

Tak hanya itu saja, jalan tol Malang Pandaan masuk kategori sebagai jalan tol dengan pemandangan indah. Pasalnya sepanjng jalan, para pengguna akan disuguhi pemandangan indah dari gunung Arjuna. Tentu saja hal ini akan menjadi nilai tersendiri bagi para pengguna jalan tol Malang Pandaan nantinya. 

"Ruas tol ini sudah sangat ditunggu oleh masyarakat. Untuk itu kami percepat pemanfaatannya agar segera bisa digunakan masyarakat. Sekaligus juga untuk mendukung kelancaran arus mudik 2019 nanti," tutup Basuki. 

Baca Juga: Jokowi Akan Resmikan dan Buka Tol Pandaan-Malang Besok

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya